TV layar datar dengan tipe Plasma atau sering disebut dengan TV Plasma, adalah sebuah teknologi tv yang sudah ada lumayan lama. Jadi bisa aja saya bilang tv model ini hampir masuk ke kategori jadul.

Eit, tapi masih ada banyak orang yang salah persepsi dengan tv tipe plasma ini.

Banyak orang mengira, tv plasma itu adalah tv LCD. dan yang lebih parah nya lagi saat saya jalan jalan ke toko elektronik dan lewat ke bagian tv tv an saya ditawari oleh sales nya dengan kata kata mutiara seperti begini : “ayo mas dibeli tv lcd nya, kita lagi promo murah” Padahal pas itu yang ditawarkan adalah sebuah TV Plasma.

Pengalaman lain lagi yang pernah saya alami di situs jual beli barang bekas online, ada seseorang yang menawarkan TV ukuran besar dengan judul “DIJUAL TV LCD RUSAK 43 INCHI” tapi begitu saya perhatikan ternyata yang dijual itu adalah tv Plasma.

Mengetahui itu tv plasma atau lcd apakah penting? tentu saja penting, karena tv yang di situs jual beli tadi saya ceritakan itu ternyata dibeli oleh seseorang dan di service kan ke bengkel saya dengan info bahwa tv LCD nya mati.

Setelah saya cek ternyata itu tv yang sama, yang saya lihat di web jual beli. saya bilang deh kalo itu tv Plasma bukan lcd. Dan apes setelah saya cek sparepart nya ga ada yang jual. Bapak yang beli itu pun merasa tertipu.

Pada waktu yang berbeda datang lagi sebuah service an tv Plasma, kali ini yang punya memang tau kalau tv nya tipe plasma 😀 Kerusakan nya adalah gambar tidak muncul sama sekali tapi suara nya ada dan normal. kalau di cari di om google dan om youtube ternyata kerusakan seperti itu memang langganan rutin buat tv tipe plasma.

Baca juga  5 Trik Teknologi Kehidupan Sehari Hari Part 1

Jika dilihat lihat dari beberapa diskusi forum, bianya servic nya pun lumayan mahal. Mungkin ini yang membuat kebanyakan orang malas memperbaiki tv plasma nya dan lebih baik jual tv nya itu.

Ok tapi sekarang saya bukan mengajak bapak yang mau benerin tv plasma nya itu untuk jual tv 😀

Tv nya sudah saya bongkar, sesuai keterangan yang diberikan yaitu terdapat asap keluar saat tv nya mati. Sayapun mulai melihat komponen yang terbakar.

Terdapat sebuah capacitor tegangan tinggi yang hangus, biasanya kapasitor ini berwarna biru mengkilat. Kapasitor ini adalah kapasitor pengaman jika adanya tegangan tinggi yang melintas di jalurnya. Bisa dikatakan sebagai kapasitor snubber.

Karena kapasitor ini sudah terbakar, tentu saja akan mengakibatkan komponen lainnya terganggu. Bisa itu rusak short atau putus. Setelah dicek ternyata ada beberapa IGBT yang short.

Cek IGBT Short
Cek IGBT Short

Saya infokan kepada teman teman pembaca semua, IGBT pada modul YSUS memang sering kali short saat terjadinya loncatan tegangan tinggi. Jika kalian menemukan kejadian tv Plasma tidak ada gambar tapi ada suara atau saat dinyalakan terdengar suara cetek cetek (suara relay) dan tv tidak menyala kalian bisa curiga terhadap IGBT pada modul YSUS.

Setelah saya ganti ada sekitar 3 biji IGBT dan juga mengganti capacitor tegangan tinggi, TV Plasma ini pun langsung menyala dengan normal kembali.

Silahkan untuk lebih lengkap nya bisa dicek pada video dibawah ini.

TV Plasma Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

2 gagasan untuk “TV Plasma Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

  • 2 Februari 2020 pukul 11.40
    Permalink

    Saya punya tv plasma 43e400 sering mati dn yg kena hampir semua igbt nya ,setelah penggantian komponen tv nyala tapi cuma suara gambarnya ga ada ,saya pantengin lama tvnya Al hasil mati lagi tida tapi tetap gambar ga ada di cek sana sini semua normal ,hanya saja blok ticon dn yg nempel di layar ,saya ga bisa cara tesnya ,mohon solusinya mas agung matur nuhun

    Balas
    • 4 Februari 2020 pukul 13.05
      Permalink

      berarti komponen yang sebenarnya short atau rusak setelah IGBT belum diperbaiki makanya dia jebol terus bang

      Balas

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.