Yang namanya garis, atau bergaris pada layar sebuah LCD, Mau itu layar laptop, layar TV ataupun layar handphone pasti deh bikin kita agak ga nyaman buat liatin nya.

Kadang pada layar leptop muncul sebuah garis berwarna atau bahkan beberapa garis pada layar lcd nya yang kita ga tau apa penyebabnya, tiba tiba muncul aja.

Atau yang paling sering lagi layar bergaris muncul pada layar lcd tv. Ini yang paling sering terjadi.

Kalau pada layar laptop yang bergaris, bukan tanpa sebab bisa muncul garis tersebut. Biasanya menurut pengalaman yang saya alami selain memang kualitas layar lcd yang buruk ada faktor besar yang membuat layar laptop kita bisa bergaris.

Salah satunya adalah kena tindih atau tertekan suatu beda berat.

Biasanya kita kalau ke kampus, atau kerja kan naruh laptop ke dalam tas lengkap dengan buku buku dan barang lainnya, nah pas akan menaruh di meja itu kadang kita ga sadar posisinya si laptop ada di bawah semua buku buku. Walaupun tidak secara langsung, tapi berat buku ini dapat membuat bengkok struktur casing laptop dan juga frame layar lcd itu sendiri sehingga berdampak pada jalur jalur yang ada di dalam kaca lcd.

Kalau bengkok terlalu keras atau walaupun sedikit tapi dengan intensitas yang sering tentunya ini akan merusak jalur yang ada pada lcd dan membuat beberapa jalur mungkin terputus atau terhubung singkat satu sama lain.

Kejadian ini juga bisa terjadi pada layar lcd tv, yang jelas bukan karena lcd tv nya kalian masukin tas 😀

Kembali lagi sepengalaman saya, beberapa tv yang masuk ke bengkel service saya kalau layar nya bergaris saya bisa nebak pasti frame nya berkarat. Dan dari 80% hasilnya adalah tv nya berkarat menyebabkan layar bergaris, sisanya cuma masalah kualitas produk aja. seperti foto yang ada dibawah ini.

Baca juga  Membuat Line Follower Sederhana

Nah akibat dari karat tersebut yang mengakibatkan terjadinya short sirkuit yang lambat laun kemudian membuat jalur lcd terputus deh.

Eh tapi ada juga yang layar lcd nya bergaris diakibatkan oleh lem flat cable dari ic terlepas. Maksud saya adalah, ada beberapa panel yang ic untuk jalur lcd nya tertanam di dalam lcd, ada juga yang di tambahkan diluar. Nah kalau ic ini kepanasan biasanya jalurnya bisa terlepas sendiri, dan kita bisa coba untuk menghubungkan jalur yang terlepas tadi.

Bagaimana cara menyambung jalur lcd tersebut? Bisa kamu coba tekan tekan, atau bisa kamu coba untuk memanaskannya.

Dimana dipanaskan dan di tekan tekan? Pada bagian ic yang dimaksud itu. Istilah atau nama IC nya adalah IC COF seperti yang sudah saya praktekkan pada video berikut ini.

 

Atau yang lebih parah lagi seperti pada video yang satu ini nih udah prah banget.

 

Cara Menghilangkan Garis Pada Layar LCD

10 gagasan untuk “Cara Menghilangkan Garis Pada Layar LCD

  • 23 April 2019 pukul 04.56
    Permalink

    Kalau garisnya horisontal bagaimana mas?

    Balas
    • 9 Mei 2019 pukul 09.52
      Permalink

      kalau horisontal biasanya rusak di cof nya, bisa lepas atau memang rusak. kalau lepas bisa di rehot atau ditekan dengan karet.

      Balas
  • 26 April 2019 pukul 19.55
    Permalink

    Trims share ilmunya mas duwi…mantab dah…

    Balas
  • 26 Januari 2020 pukul 15.58
    Permalink

    Kalo garis tiba” muncul di tengah gimana bli,
    Kasus monitor PC
    Jadi garis horizontal tp ga sampai pinggir, di tengah aja garisnya

    Balas
    • 27 Januari 2020 pukul 09.26
      Permalink

      kalau ada COF nya bisa coba ditekan cof nya. karena mungkin aja karena panas cof nya lepas ke layar kaca nya.

      Balas
      • 4 Februari 2020 pukul 00.33
        Permalink

        mas kalau samsung garis merah vertikal kira kira gangguanya d mn ya

        Balas

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.