Berita Terbaru

Jumper LCD TV Yang Mati Bergaris

TV LCD yang rusaknya bergaris garis blank, tidak ada gambar tentunya akan dianggap sudah rusak parah bagi sebagian orang. Ada juga yang menyarankan untuk mengganti layar LCD TV secara keseluruhan.

Sebenarnya kerusakan layar LCD TV walaupun tampilan kerusakan nya bergaris Garis, tapi penanganan yang tepat bisa menyelamatkan kita dari pengeluaran uang yang berlebihan untuk memperbaiki TV LCD yang rusak itu. Dan itu berlaku juga untuk TV LED.

Beberapa kerusakan TV LCD atau LED yang ada kaitan nya dengan gambar bergaris biasanya seperti berikut ini :

  1. Ada gambar jernih, tapi terdapat garis fix atau tidak bergerak dan pada garis tersebut gambar tidak muncul.
  2. Ada gambar, disertai dengan garis yang acak berwarna warni.
  3. Tidak ada gambar hanya garis berwarna warni diam.
  4. Tidak ada gambar tapi ada garis acak.

Nah dari beberapa jenis kerusakan itu semuanya bergaris, hanya saja bagian yang rusak atau kerusakan yang menyebabkan timbul nya masalah itu berbeda beda.

Seperti yang saya dapatkan satu ini. Kejadian nya sudah bulan lalu. Sebuah TV LED yang rusak nya gambar tidak mucul atau biasa dibilang layar nya blank gelap. Setelah di cek semua tegangan normal. Dan sebuah ic pada modul tcon panel (papan pcb yang terhubung ke layar lcd) panas berlebih.

Karena kebetulan saya ada ic yang sama, jadi saya coba untuk menggantinya. Sekedar info, ic yang saya ganti seperti di video itu adalah ic yang bertugas untuk memberikan sinyal gambar ke layar LCD.

Setelah dilakukan penggantian IC ternyata TV LED masih juga tidak menyala, namun sekarang muncul garis garis vertikal lembut dan kondisi layar masih blank.

Baca juga  Led Berkedip (BLink)

Tapi setelah saya perhatikan ternyata ada sedikit gambar acak hitam putih dibagian atas layar kalau dari posisi di video. Itu menandakan raster ada, hanya saja tidak tersebar ke seluruh Layar.

Biasanya hal ini disebabkan oleh hilangnya tegangan yang masuk ke sisi kanan dan kiri layar LCD. Kalau kita samakan dengan TV tabung itu sama dengan tidak adanya tegangan pada defleksi yoke bagian vertikal.

Tegangan yang tidak ada yang saya maksudkan adalah tegangan VGH yang digunakan untuk mengaktifkan sinyal gambar dari atas ke bawah.

Karena TV LED ini tipe panel nya menggunakan IC COF samping (biasanya disebut ic kupingan) maka dengan mudah kita bisa akali jalur tegangan yang putus atau hilang tersebut dengan menjumper jalur LCD yang putus tersebut.

Jumper LCD yang kita lakukan tentunya tidak boleh sembarangan karena kalau salah jumper bisa saja IC COF yang rusak atau malah modul tcon yang akan rusak. Jadi kalian harus hati hati dan mencari tau dulu datasheet dari panel LCD yang sedang kalian kerjakan.

Kalau pada tv yang saya kerjakan di modul tcon nya sudah ada pin jumper yang bertuliskan VGH pada gambar berikut.

Kalau dibagian IC COF atau IC kupingan nya pin VGH terletak sesuai pada gambar berikut. Ingat jangan sampai salah.

Kalian bisa jumper jalur tersebut dengan kawat email yang berlapis isolator, tidak usah menggunakan kabel berukuran besar karena akan menyulitkan kita untuk memasang lcd nantinya.

Setelah di jumper, TV LCD pun jadi menyala normal kembali.

Atau kalau kalian kebingungan sama cerita saya, kalian bisa lihat video nya secara langsung biar lebih joss nyervice nya :D selamat belajar bersama duwiarsana.com

Baca juga  TV LED Gambar Hilang Sebagian

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Service TV LED 3D 50″ Mati
views 3213
Hari itu saya ga ada niatan sebener nya kemana mana, karena kiriman barang toko sudah beres. Solderan untuk beberapa produk pun juga uda beres. Tapi ...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube.
Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Memperbaiki TV LED Blank Putih Bergaris

Sekarang makin banyak aja TV LED yang rusak nya aneh aneh. Dan sekarang saya akan …

Tinggalkan Balasan