Alat Membuka Pintu Dengan SMS

on
Categories: Layout, Mikrokontroller, Produk

Alat membuka pintu dengan sms,

Sebenarnya kalau dipikir pikir lagi malah ribet kalau kita mau buka pintu aja harus ketik sms dulu

Tapi karena banyak temen yang request untuk bagaimana bisa bikin alat yang dipakai untuk buka pintu dengan hanya mengirimkan sms tanpa harus menean tombol apapun, akhirnya saya bikin deh tutorial ini.

Alat yang saya atau mungkin yang akan kalian buat ini dengan menggunakan koding standar yang saya bagikan gratis ini akan mampu mengaktifkan sebuah doorlock atau anak kunci untuk membuka pintu dengan mengirimkan sms tertentu pada nomor telepon yang sudah dipasangkan pada modul GSM alat ini.

Selain mampu untuk membuka dan mengunci kembali anak kunci pada sebuah pintu sebenarnya kalau kamu kembangkan lagi, rangkaian ini mampu menjadi sebuah security sistem yang akan menginformasikan kepada pengguna bila ada yang memaksa untuk membuka pintu dan masuk ke rumah atau ruangan tersebut.

Agar dapat menjadi sebuah security sistem pada pintu tentunya sensor yang akan kita pasang adalah sebuah magnetic switch seperti yang saya ilustrasikan di video.

Ok, apa aja sih yang kamu perlukan dalam pembuatan alat ini? beberapa komponen penting itu antara lain :

  • Minimum sistem mikrokontroller
  • Driver untuk doorlock
  • Modul GSM
  • Doorlock
  • Magnetic switch (option)

Nah, dari hanya komponen sederhana itu saja kamu nantinya sudah mampu membangun sebuah alat yang bisa membuka kunci pintu dan menutupnya kembali hanya dengan perintah melalui sms.

Bagaimana kita merangkai semua alat tersebut agar bisa kita pakai? tentunya sebuah minimum sistem mikrokontroler kamu bisa merakitnya sendiri.

Minimum sistem mikrokontroller itu apa sih? Itu adalah sebuah board untuk mikrokontroller yang kamu pakai agar bisa sekedar menyala aja. Apa aja isinya? tentunya ada regulator untuk tegangan 5v ke mikrokontrolernya, trus ada crystal untuk eksternal oscillator nya dan pullup pada bagian reset, hanya itu. Sederhana kan?

Baca juga  Kenapa Telepon Kabel Berdering?

Nah tentunya untuk bisa berkomunikasi dengan modul GSM kamu harus membuat sebuah jalur komunikasi serial pada mikrokontroller, dalam hal ini saya menggunakan ATmega328 dengan diprogram menggunakan arduino IDE. Jadi jalur komunikasi ke modul GSM nya saya bikin baru dengan bantuan software serial yang artinya saya tidak menggunakan hardware serial bawaan dari IC nya sendiri, kenapa gitu? karena rencananya sih mau dipakai buat upload coding (arduino).

Nah kalau masalah driver doorlock nya saya pakai transistor TIP122 karena ampere yang sanggup di angkat cukup lah untuk tipe doorlock yang saya pakai. Sistem kerjanya menerapkan konsep transistor sebagai saklar saja. Rangkaian minimum driver ini bisa kita dapatkan di datasheet masing masing transistor yang akan kita pakai :).

Gambar skematik dari minimum sistem mikrokontroller yang saya buat bisa kamu lihat pada gambar ini. Disana saya sudah menggabungkan antara minimum sistem dengan driver untuk doorlocknya.

[ads1]

Coba kamu perhatikan, regulator saya pakai 2 biji 7805. Satu untuk mikrokontroller nya dan satunya untuk modul gsm. Biar ga kekurangan arus sih maksudnya :D dan driver doorlocknya kamu bisa lihat simbol transistor yang tersusun darlington. Untuk layout nya menjadi sangat mini dan ringkas :D karena jalurnya saya buat mepet banget.

Pada alat ini juga saya pasang sebuah buzzer yang saya pakai untuk memberikan tanda suara saat adanya sms atau saat modul gsm sudah oke dan siap untuk mengirim sms.

Dalam pemrograman nya fungsi coding yang bertugas untuk mengaktikan driver pembuka dan pengunci doorlock adalah sebagai berikut :

if(!strcmp(smsbuffer,"bukapintu"))
 {
 }

Arti dari coding tersebut adalah, jika ada karakter pada variabel smsbuffer berisikan tulisan atau kata “bukapintu” maka akan menjalankan fungsi yang ada didalam kurung. Strcmp disana artinya adalah string comparation atau fungsi yang bertugas untuk membandingkan tipe data string atau sederhanya nya membandingkan kata atau tulisan :D

Baca juga  Build a ticketing machine by Arduino

Nah kalau katanya sama langsung deh aktifin doorlock nya melalui driver si TIP122.

Coding nya sangat sederhana, karena saya sendiri untuk perintah sms nya sudah pakai library gsm nya arduino :) kamu sendiri bisa memodifikasinya agar pesan yang dikirim sebagai balasan sesuai dengan kehendak kamu. seperti pada coding dibawah ini :

sms.SendSMS("08970869443","Pintu SMS Menyala");

yang artinya 1 baris koding itu bisa membuat alat kamu mengirimkan sms ke nomor hp saya dengan pesan “pintu sms menyala”, sederhana kan?

Download project ini gratis deh buat kamu dari skematik yang saya bikin di software eagle sampai ke koding arduinonya. jangan lupa untuk tonton video nya sebelum praktek untuk menambah semangat kamu.

Oiya jangan lupa untuk melengkapi library arduino kamu kalau bikin project ini ya. semoga sukses.

[sociallocker id=2480]

[button color=”blue” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/cai2ytzidn9m6do/sms%20buka%20pintu.sch?dl=0″ icon=”” target=”false”]DOWNLOAD SKEMATIK[/button]

[button color=”green” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/gg26ia6ial2i1to/pintu_sms.ino?dl=0″ icon=”” target=”false”]DOWNLOAD CODING ARDUINO[/button]

[/sociallocker]

Kalau ada yang kesulitan silahkan beri komentar kamu dibawah artikel ini ya.