Baca twitter pakai Panjerino Net – Ngenet? wah kaya gimana tu ya, apanya yang dibaca? Panjerino net ngenet, sebuah arduino yang sudah terdapat ethernet controller nya. memungkinkan kamu untuk membuat project mikrokontroller berbasis jaringan, baik itu monitoring online bahkan kendali via web. nah, pada artikel panjerino net ngenet sekarang saya akan menampilkan bagaimana dengan mudahnya sebuah panjerino net ngenet akan membaca status dari account twitter saya.

Cara nya bagaimana? kamu cuma perlu sebuah panjerino net ngenet dan akses internet, seperti pada contoh kali ini saya menggunakan sebuah router 3G yang terkoneksi modem Smart. cuma tinggal hubungkan saja router 3G ke panjerino net ngenet dan upload coding yang ada dibawah ini. setelah itu coba deh buka Serial monitor di arduino atau bisa juga pakai hyperterminal di windows. tunggu sebentar sampai panjerino dapet IP dan melakukan request, dan muncullah status yang saya tulis di twitter.

Fungsi nya untuk apa cuma baca status? kamu bisa gunakan salah satu dari sekian banyak fungsi panjerino net ngenet ini sebagai kendali online. kamu hanya tiggal menuliskan tweet khusus dan panjerino membacanya sebagai trigger menyalakan lampu (contoh). Seperti misalkan saya menulis lampukamaron, pada panjerino net ngenet misalkan saya tanamkan logika untuk memfilter status jika mengandung kata seperti tadi maka akan mengaktifkan lampu. Mudah bukan?

Atau mungkin kamu tidak ingin membaca status twitter melainkan sebaliknya kamu ingin menulis status twitter, apakah bisa? tentu bisa. Menulis status ke twitter dengan menggunakan Panjerino net ngenet sama mudahnya seperti membaca status. kegunaan dari menulis status ini dapat kamu gunakan untuk menitoring online ke twitter. Panjerino membaca sensor yang terpasang, lalu interval beberapa menit melaporkan ke twitter sebagai sebuah tweet. keren? coba lihat contohnya seperti dibawah ini.

Baca juga  Panjerino - Arduino dari Bali

Foto diatas menampilkan perangkat saya terdahulu yang namanya similikiti telah mengupdate status twitter secara otomatis dengan membaca beberapa sensor yang terpasang seperti tegangan, arus listrik, LDR, suhu dan kelembaban. perangkat yang abru si panjerino net ngenet pun masih dapay berfungsi seperti itu dengan menambahkan sensor apapun ke panjerino.

coba perhatikan cuplikan coding dibawah ini,

void bacastatus() {

  if (client.connect(serverName, 80)) {

    client.println("GET /1/statuses/user_timeline.xml?screen_name=duwiarsana&count=1 HTTP/1.1");
    client.println("HOST: api.twitter.com");
    client.println();
  }

}

dengan memanggil fungsi itu, Panjerino net ngenet mu akan mengambil tweet di internet. dalam contoh ini saya menggunakan id twitter saya yaitu duwiarsana. diabawah ini adalah foto hasil dari pengambilan twitter dari id saya.

Sekarang kita tinggal pasang aja LCD di panjerino dan jreeeenggggg maka kamu bisa baca status twitter dari siapapun di lcd panjerino net ngenet tanpa harus buka hape atau komputer. cukup menarik menurut saya.

Panjerino net ngenet, produk dari Desa Panjer kualitas internasional (ngarep) hehehe penampakan panjerino dibawah ini.

Baca Twitter Pakai Panjerino Net Ngenet