Mungkin kamu pernah membuat sebuah countdown timer dengan menggunakan beberapa IC TTL dan dengan menggunakan display seven segment. ya pertama kali mempelajari elektronika digital saya juga sangat senang sekali bermain dengan seven segment dan angka nya bisa berganti ganti, walaupun hanya itu itu saja yang ditampilkan. Countdown timer maupun count up timer bisa saja dengan mudah kamu buat dengan memanfaatkan sebuah IC 74190 yaitu sebuah ic countdown atau count up timer yang bisa kamu sesuaikan. dan dengan bantuan sebuah ic driver untuk seven segment yaitu salah satunya 74247 kamu sudah bisa menampilkan angka di seven segment.

Untuk membuat satu digit countdown timer tentunya kamu paling tidak memerlukan sebuah IC 74190, satu buah 74247, dan sebuah seven segment. namun bagaimana jika kamu ingin membuat countdown timer dalam hitungan menit atau jam? tentunya akan banyak sekali IC yang kamu perlukan untuk membangun sistem tersebut. Coba perhatikan video dibawah ini yang menampilkan rangkaian jam digital dengan memanfaatkan beberapa IC TTL yang membuat kita menjadi bingung nih karena saking banyaknya IC yang dipakai :D.

Tentunya dengan adanya mikrokontroller seperti Panjerino sekarang kamu sudah tidak usah lagi berkutik denga hal yang mejlimet kaya gitu (tapi tetep dasarnya harus melewati tahap itu). dalam percobaan saya, saya menggunakan modul jadisu yang pada board tesebut sudah terpasang sebuah LCD sebagai display. dengan sudah terpasangnya ic RTC yaitu real time clock kamu juga bisa sekaligun membuat jam digita dengan modul ini tanpa perlu takut harus men set terus menerus saat jam mati 🙂

Selain LCD sebenarnya kamu bisa tetap menggunakan Seven segment sebagai displaynya, namun itu akan saya bahas pada artikel saya selanjutnya.

Baca juga  Membuat Mp3 Player Sederhana

Nah perhatikan coding dibawah ini, yang menampilkan perhitungan millis. artinya jika countdown timer akan dinyalakan maka akan dilakukan perhitungan waktu hitung mikrokontroller yang kemudian waktu berjalan disamakan disimpan di time dan waktu yang masih berjalan di kurangi waktu awal. kemudian hasilnya itu jika dibagi 1000 (artinya 1000 millisecond = 1 detik) maka kurangi nilai dari countdown yang ada. jika kamu ingin membuat countdown tinggal ditambah saja.

time=millis();
aneh=detik-((millis()-time)/1000);
    if (aneh<0)
    {
      detik=59;
      value--; //nilai menit
      aneh=0;
      time=millis(); //samakan waktu lagi
    }

kamu bisa juga menambahkan fungsi perhitungan untuk menit dan jam pada rumus, seperti misalkan jika detik terus dikurangi dan kurang dari 0 (n0l) maka detik sama dengan 59 lalu menit dikurangi 1. begitu seterus nya.

Mari kita saksikan video jadi dibawah ini yang aneh aneh diperagakan menggunakan modul jadisu duwiarsana.com

Membuat CountDown Timer