Sekarang saya akan berbagi tips dan trik bagaimana saya memotong plat aluminium. Plat aluminium yang akan saya potong adalah sebuah plat dengan ketebalan 1mm.

Plat aluminium biasanya dipakai untuk menutupi rak atau etalase kaca toko. Ada juga yang menggunakan plat aluminium dalam pembuatan neon box, atau advertising yang memerlukan plat aluminium.

Salah satu contoh papan iklan atau advertising yang menggunakan aluminium adalah papan nama dan juga LED matrix atau running text. Running text sendiri, bagian caisng nya full terbuat dari batang aluminium dan bagian belakang nya biasanya ditutupi oleh plat aluminium, walau ada juga yang menggunakan mika atau triplek sebagai penutup LED matrix atau running text tersebut.

Dalam pekerjaan saya membuat atau merakit LED matrix, saya lebih memilih plat aluminium untuk saya pakai sebagai penutup bagian belakang. Kalau waktu saya sekolah (SMK) ada alat khusus yang dipakai untuk memotong plat dengan cepat dan rapi. Alat tersebut seperti gunting besar dengan mata pisau tebal yang dapat memotong tidak hanya aluminium, tapi plat besi juga bisa dipotong dengan sangat mudah oleh alat tersebut. Bentuk alat potong yang sangat besar dan berat membuat alat pemotong tersebut susah untuk digeser apalagi dipindahkan ketempat lain dengan tenaga manusia biasa.

Untuk kita yang baru memulai usaha LED matrix atau running LED tentu saja membeli alat semacam itu akan sangat menghabiskan biaya apalagi juga dapat menghabiskan tempat yang lumayan.

Nah saya disini akan membagikan cara praktis memotong plat aluminium dengan sangat mudah dan rapi. Hasil potongan akan menjadi sangat rapi sekali tanpa adanya kerusakan walaupun kita tidak mempunyai alat potong tersebut. Tool atau peralatan terpenting yang harus kita punya hanyalah sebuah pisau cutter dan juga penggaris besi atau aluminium yang tebal, hanya itu saja peralatan yang akan kita gunakan untuk memotong plat aluminium.

Baca juga  Tutorial Membuat Speech Recognition

[products ids=”2881, 2850″]

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat garis potong pada permukaan plat dengan menggunakan spidol permanen di kedua sisi nya. Lalu dilanjutkan dengan membuat goresan dengan menggunakan pisau cutter pada kedua sisinya juga dengan bantuan penggaris besi dan ataupun yang lainnya. Disini saya menggunakan  waterpass. Gores kira kira 3 kali atau secukupnya.

Nah setelah dua sisi itu tergores kamu hanya tinggal mematahkannya aja nih seperti matahin penggaris waktu SD hehehe. coba deh liat video saya matahin plat aluminium itu disini.

[ads1]

 1,299 total views

Cara Memotong Plat Aluminium

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.