Berita Terbaru

Mengakali Kekurangan Daya Listrik

Sebelum saya mulai membagikan tips dan trik untuk mengakali kekurangan daya listrik di rumah, ya bisa dibilang saat ini kita mau hemat uang lah atau hemat listrik dengan kerjaan yang sama. saya mau cerita nih.

Cerita nya dimulai ada sekitar 3-4 tahun lalu, saat saya mulai belajar merakit running text atau LED matrix dengan casing aluminium. Merakit sebuah running text tidak memerlukan komponen yang terlalu rumit, hanya perlu pasang pasang kabel dan baut saja. Membuat casing nya pun juga mudah tinggal potong sesuai ukuran dan sambung menggunakan siku plastik yang memang sudah disiapkan untuk keperluan running text.

Pas itu saya niatin beli sebuah mesin potong aluminium, maunya sih biar bisa potong casing dirumah. Jadi ga usah ketempat potong aluminium lagi ngeluarin biaya. Merek mesin potong nya adalah makita dengan daya listrik tertulis pada nameplate nya 1600W. Daya kerja sebesar 1600W ini awalnya saya ga sadar. Asal beli beli aja. karena ukuran kecil memang ga ada dijual, saya pilih makita ini.

Sampainya dirumah karena saking seneng nya langsung deh saya coba tuh mesin dengan beberapa batang aluminium disamping yang siap saya potong. Begitu saya nyalakan .. jdek.. MCB trip, ya saya waktu itu belum tau daya kerja mesin yang saya beli. Malah berpikiran ; ah listrik di bengkel 900VA mungkin kekecilan, pindah ke depan ah.. (pindah ke rumah utama) eh sampe di sana MCB trip juga walaupun listrik uda 1300 dan setelah itu baru saya lihat ternyata daya yang diperlukan untuk menyalakan tertulis 1600W :D

Semenjak itu mesin potong yang saya punya ga bisa dipakai. Hanya menyala dirumah temen aja dengan listrik diatas 2200. ada sekitar hampir 3 tahun saya ga bisa pakai sendiri tuh mesin.

Baca juga  Thermostat Digital Mesin Penetas Telur

Bagaimana cara saya mengakali kekurangan daya listrik tersebut? saya mau buka usaha di rumah dengan daya listrik pas pasan tapi ga mau nambah daya listrik. Sebagian besar mesin yang dipakai adalah mesin potong dengan motor motor listrik.

Akhirnya dengan sebuah alat elektronik, mesin itu bisa menyala kembali di rumah saya dengan listrik 1300. Saya sudah coba sampai merakit beberapa casing led matrix dirumah dengan mesin yang sama yaitu mesin dengan daya 1600 di listrik rumah yang hanya 1300.

alat tersebut nampak seperti dibawah ini.

Dengan alat itu saya bisa menyalakan mesin potong yang ada dibelakang nya tanpa harus menambah daya listrik dirumah. ya bisa dibilang hemat listrik lah untuk menyalakan mesin listrik sebesar itu.

Dalam alat itu terdapat rangkaian PWM yang dapat mengatur kecepatan putar mototr dengan power yang masih oke. Tidak seperti rangkaian dimmer yang akan hilang tenaga putarnya saat kita mengatur nya. Karena dialat yang ada di foto itu juga terdapat sensor arus dengan kawat nikelin sebagai pengganti Resistor pendeteksi nya. Jadi pada saat start agak sedikit kaget karena menyesuaikan arus listriknya.

Setelah itu mesin berputar dengan normal dan dapat memotong aluminium dengan lancar seperti pada video yang saya sudah buatkan dibawah.

Jadi kamu yang mau buka usaha sejenis dengan saya, bisa pakai alat seperti ini nih. Biaya beban listrik dirumah atau di toko kamu kan jadinya ga usah yang gede gede. cukup listrik kecil aja. Alat ini berfungsi pada beban motor tanpa kapasitor.

Yah kita sudah mengakali kekurangan daya listrik yang terjadi dirumah akibat beban mesin lebih besar dari daya listrik yang ada dirumah. Lumayan hemat. berfungsi untuk motor brush 1 phasa tanpa kapasitor seperti motor gerinda, bor, mixer, mesin potong aluminium, mesin potong besi, dan motor listrik lainnya yang tidak menggunakan kapasitor start.

Baca juga  Membuat Remote Bersuara

 

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Bahaya – Cara mencuri Password
views 1336
Pencurian identitas diri seperti mencuri password bukan hanya saat ini saja yang marak. Sejak berkembangnya internet di masyarakat sudah mulai marak t...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube.
Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Beli Printer 3D Murah

Mau bikin suatu bentuk benda sekarang sudah tinggal print bentuk 3D nya dengan mudah, sekarang …

12 komentar

  1. untuk ngangkat las kuat apa tidak om?
    saya ada las 900vac, listrik di rumah hanya 900, jadi kalau nge-las indikator diposisikan ke 60-75, kalau naik lagi mcb trip…. alhasil, las kurang matang kalau pakai rb-24

  2. Mas alat itu klo dipke di ruko yang bnyak AC nya cocok pa ndak, soalnya sya pnya troubel sma daya yang dpke druko trsbut. Klo mnurut prhitunganya beban AC total sbsar 3700w, sdangkan di mcb kwh tertera 3600w/16A

  3. untuk mesin fotocopy bisa ga mas agung?

  4. Cara buatnya gimana ya…aq pengen buat ,soale aq juga pake mesin potong makita ..

  5. ko banyak ga bisanya mas… trus buat apa.. buat pribadi?? ngapain di expose… GAGAL PAHAM NIH

    • coba dibaca mas, alat ini untuk motor universal dengan metode pwm. coba di cari tau effect pwm untuk beberapa perangkat elektronik seperti apa pasti paham. makanya saya expose dengan penjelasan seperti pada artikel. monggo silahkan di cek dulu penjelasan pulse width modulation dan effect nya. :)
      alat serupa seperti ini sudah banyak dijual bahkan dibuat pabrikan. saya cuma publikasi yang buatan tangan aja kok.

  6. apa nama alat tersebut, mesin circular sy tdk bs terpakai listrik ga kuat sm seperti yg seperti anda alami, mohon bantuannya

Tinggalkan Balasan