Berita Terbaru

Instal OS Raspberry Pi

Bulan bulan lalu gencar sekali ada promosi raspberry pi di indonesia maupun di luar negeri. Apa sih itu raspberry pi? saya sempet search di om google apa itu raspberry piSetelah cari cari di internet ternyata raspberry pi itu sebuah perangkat yang sangat kecil yang bisa disebut komputer mini.

Saat itu saya tau harga satu unit raspberry pi masih sekitar 550ribu, saya ingin punya satu, tapi harganya yang mahal jadinya saya ga jadi beli deh. cuma bisa lihat lihat video nya aja di youtube.

Bnyak saya lihat di video youtube raspberry pi terlihat seperti komputer seperti biasanya, bisa dipasang keyboard mouse , baca flashdisk, ada juga ethernet nya. ukuran yang sangat mini seukuran kartu atm bikin saya geleng kepala karena fitur nya lumayan lengkap sudah seperti sebuah komputer pc saja.

Tampilan nya pun saya lihat sudah seperti windows punya microsoft namun kalau di lihat lihat lebih mirip sama linux.

Sampai suatu hari saya di hadiahkan sebuah raspberry pi oleh salah seorang teman saya dari makasar, yaitu bang ucok sinaga. lengkap dengan box merah nya saya lihat ukuran nya memang sangat kecil. saat saya menyalakan nya ternyata sudah terdapat OS archlinux.

walaupun sudah berisikan OS saya sedikit ingin tau bagaimana cara instal os di raspberry pi, langsung aja saya main ke raspberrypi org nyadan disana saya langsung masuk ke tab download dan disana banyak terlihat image OS yang bisa saya download. OS yang saya pilih saat itu adalah raspbian sebesar 400mb-an. dan juga saya mendownload sebuah software yang namanya win32diskimager yang digunakan untuk menginstal image OS yang kita download tadi ke sebuah memory card.

Baca juga  Membuat Alarm Maling Sederhana

setelah semua file lengkap pertama extrak dulu image nya di folder yang kita tau. win32diskimager juga di extrak dan jalankan, menunya sangat simpel membuat kita tidak kebingungan memakainya.pada tab device pilih letter yang akan dipakai (memory card) dan disamping nya klik icon open dan cari image OS yang sudah di extrak tadi lalu langsung klik write. Tunggu sampai selesai dan langsung bisa dipasang ke raspberry mu.

Pada saat saya menyalakan saya langsung aja pilih finish, dan jika perlu auth maka user “pi” dengan password “raspberry” setelah login ketikkan startx untuk gui nya maka munculah layar desktop yang saya rasa seperti linux dan memang base os nya dari linux debian, perintahnya pun linux asli 🙂 saat mematikan (di layr terminal) ketikkan sudo halt

selamat mencoba ya.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Turn On Lamp by Arduino, Bluetooth and Android Phone

After long time of making its application for android mobile phone, finally the video on …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.