Berita Terbaru

Update Tulisan Led Matrix Lewat Keyboard

Led matrix merupakan hal baru yang saya utak utik belakangan ini. Berawal dari banyak nya led matrix dijalanan terpasang untuk iklan di setiap toko toko. saya mencoba untuk membuat satu aja. dan pada artikel sebelum ini saya menampilkan led matrix yang tulisannya sudah fix terprogram dan tidak dapat ditambah kecuali mengubah coding. Tentunya led matrix yang dijual dipasaran sudah disertakan software pendamping yang memudahkan pengguna untuk mengganti tulisan secara berkala, sehingga tidak usah memanggil si programmer led matrix untuk mengganti tulisannya.

Pernah juga dulu saya membuat jam digital sensor suhu dengan kata kunci “jadisu” pada pencarian blog ini. berawal dari sana saya mendapatkan logika untuk menyimpan sementara data yang didapat. jika di jadisu saya mendapat data waktu yang saya simpan sementara untuk di edit dan ditampilkan, namun sekarang masih juga data waktu yang saya tampung dan juga sekaligus data serial yang diterima dari keyboard untuk ditampung sementara dan dilakukan pembacaan berulang ulang (looping).

Keyboard kan usb? P/S2? , ya keyboard memang bukan serial seperti yang saya katakan diatas. namun kamu bisa menggunakan library keyboard untuk arduino agar mikrokontroller kamu bisa membaca keyboard dan menyimpan data hasil bacaan keyboard ke variable sementara. atau kamu bisa membuatkan sebuah alat konverter usb to serial dengan memanfaatkan library tadi dan sebuah mikrokontroller terpisah dengan led matrixnya. sehingga jika kamu ingin mengganti tulisan dengan keyboard serial kamu tinggal pasang dan update saja datanya.

Dibawah ini adalah coding dimana saya membaca data dari serial dengan ketentuan pesan yang akan dimasukkan harus berada didalam kurung korawal ({pesan kamu}) lalu enter pesan kamu. maka pada proses jika terdeteksi karakter ‘{‘ mikro akan memulai start penyimpanan data dan jika karakter nya adalah ‘}’ mikro akan stop menyimpan. lalu untuk mencegah terjadinya penghapusan saya menyimpannya kembali pada variable baru dengan mengcopy data array yang telah dibuat tersebut.

while (Serial.available())//selamma ada
  {
    char cmd = (char)Serial.read();

    if (cmd == '{')
    { 
      mulai = true;
    }

    if (cmd == '}')
    { 
      akhir = true;
    }

    if (mulai && cmd != '{'  && cmd != '}')
    {

      cmdData += cmd;
    }

    if (startOfLine && endOfLine)
    { 
      mulai = false;
      akhir = false;

      cmdData += '\r';

      Serial.print(cmdData);//kirim balik data ke serial (echo)

      ahuk=cmdData;//copy datanya
      cmdData = "";//kosongin

    }
  }
  char buff[256];
      ahuk.toCharArray(buff,256);

Mari kita lihat video penerapan nya dalam led matrix yang saya buat yuk pada video dibawah ini.

Baca juga  Membuat CountDown Timer

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Menyalakan Sepeda Motor Dengan Sidik Jari

Pada artikel ini, yaitu “Menyalakan Sepeda Motor Dengan Sidik Jari” Kita akan belajar bagaimana memprogram …

2 komentar

  1. mas dwi..
    mau tanya soal koding diatas…
    source yg ” if (startOfLine && endOfLine)” itu fungsinya buat apa dan tipe datanya apa? juga ahuk , cmdData, mulai dan akhir itu tipe datanya apa?? char atau int atau string

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.