Berita Terbaru
Beranda » Cerita Saya » Kenapa Telepon Kabel Berdering?

Kenapa Telepon Kabel Berdering?

Telepon berdering setiap hari, dan setiap hari juga saya menjawab telepon tesebut. dulu saya langganan telepon dari telkom tapi sekarang karena jaringan ke rumah saya bermasalah dan belum di perbaiki sama telkom nya akhirnya telepon saya ga berdering lagi. cuma bayar abodemen tiap bulan tanpa bisa pakai telepon nya.

Pernah ga kamu perhatiin telepon kamu saat berdering, ada lampu yang menyala dan mengeluarkan suara. kalau diangkat kamu sudah bisa langsung berkomunikasi ke teman kamu jauh di sana. padahal telepon kabel hanya disambungkan oleh 2 batang kabel saja.

Kenapa sih bisa begitu? sebenarnya di dua batang kabel itu ada dua sinyal yang ditumpangkan menjadi satu. sinyal listrik dan sinyal frekwensi informasinya. saat standby pada kabel tersebut sudah ada tegangan yang kamu sendiri bisa gunakan untuk menyalakan peralatan listrik kecil. namun saat nomer tersebut mendapat panggilan, coba deh kamu ukur tegangan nya, pasti tegangan nya akan naik dan saat saya mengukurnya sendiri, tegangan naik sampai 110v. apakah naiknya tegangan tersebut membuat telepon berdering? tentunya tidak, naiknya tegangan tersebut tidak hanya tegangan namun juga terdapat frekwensi tertentu yang ditumpangkan untuk sinyal berdering. Tapi bagaimana si telepon mengetahui sinyal tersebut? Jika kamu bongkar sebuah pesawat telepon maka yang berperan penting untuk mengetahui sinyal berdering itu adalah sebuah kapasitor (nonpolar) yang berperan sebagai filter sinyal tadi. Sinyal tertentu (berdering) tersebut dilewati melalui kapasitor tersebut untuk mentrigger rangkaian dering pada pesawat telepon. Sumber tegangan nya? ya tetap tegangan ac ada pada kabel tersebut yang sebelum kapasitor sudah dicabangkan dan melalui sebuah penyearah jembatan menggunakan dioda.

jadi yang membuat telepon berdering adalah sinyal dering yang ditumpangkan ke kabel telepon bersama tegangan ac kemudian di filter melalui kapasitor yang keluarannya digunakan untuk mentrigger rangkaian dering. jadi jika kita berbicara ya tidak akan mentrigger rangkaian dering karena suara kita sendiri sudah di modulasi.

Baca juga  Alarm Sensor Gerak Bersuara SMS

kalau telepon kamu ga mau berdering tapi masih bisa digunakan untuk menelpon kamu bisa mencurigai kapasitor yang sudah kita bicarakan tadi. 🙂

kalau ada telepon bekas yang sudah rusak coba deh di oprek oprek coba experiment hubungkan dua buah telepon dan beri dua telepon tersebut tegangan ac 12v dan coba keduanya diangkat.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Memperbaiki Speaker Bluetooth Mati Total

Jaman sekarang sudah jaman nya speaker aktif bluetooth. Udah ga jaman lagi speaker dengan aplifier …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.