Kendalikan Robot dengan Android

on
Categories: Cerita Saya, Tutorial

Hape android sekarang udah kaya kacang. kalo dulu, beberapa bulan lalu malahan blackberry yang kaya kacang. laris manis..

Blackberry smartphone yang pernah juga saya pakai sampai berganti dua tipe. dan sekarang ini saya menggunakan handphone android, yaitu galaxy note.

Pada saat saya memakai hape blackberry, saya bingung mau ngooprek tuh hape kaya gimana, tapi sekarang semenjak ada android dan lirik lirik di web developer nya ada sample coding standar kita bisa buat software atau aplikasi sederhana yang dapat digunakan untuk mengendalikan hardware melalui komunikasi wireless.

Komunikasi wireless?

ya komunikasi tanpa kabel. bisa itu wifi, bluetooth atau mungkin sms?

Sepertinya pilhan yang terakhir tidak menjadi yang terbaik. karena bayangkan aja kalo kita mau kendaliin robot yang mau jatuh kejurang kita perintahkan berhenti melalui sms. belum lagi sms nya lelet kan bisa jatuh duluan robot nya hehehe.

Dalam video dibawah ini saya menampilkan pengendalian sebuah robot hexapod dengan menggunakan komunikasi bluetooth dan aplikasi pada android.

Pada android dibuatkan shortcut beberapa perintah dasar yang mewakili sub sub yang akan dijalankan pada mikrokontroller. misalkan jika kita tap tombol maju maka karakter maju pada bluetooth akan digunakan sebagai trigger untuk menjalankan coding maju.

dalam mikro karena bluetooth komunikasinya rx tx, tentunya untuk dapat membacanya diperlukan pembaca serial, kalau saya standarnya pakai :

if (Serial.available()>0)

{

}

coba saksikan video saya dibawah ini.

Baca juga  Membuat Sensor Alkohol dengan Arduino