Membuat Data Logger Memory Card


Membuat Data Logger Memory Card

Data Logger, wuih… dulu kalo denger kata kata kaya gini pas kakak kelas skripsian di kampus jeg serem sekali kedengeran nya. Data nya di logger. pas dulu saya masih semester kecil bingung kalo denger data logger. saya ingat kalau buka buka file windows biasanya ada sebuah file .txt yang judul nya LOG atau logger. nah begitu dibuka ternyata isinya catatan beberapa error lengkap dengan tanggal saat error aplikasi yang terhubung. pas itu ngerti kalau data logger ya seperti pencatatan gitu deh. Sama seperti skripsi saya yang sudah membuat saya lulus S1 di STIKOM BALI yaitu “SIMILIKITI PROJECT“. si similikiti project ini juga sebenernya data logger lho.. cuma nyimpen datanya ga di file .txt atau semacamnya. si SIMILIKITI PROJECT ini menyimpan file nya secara online di salah satu account twitter saya sebagai tweet. Wow .. salto ah..

Ngomong ngomong soal data logger yang disimpan kedalam file .txt, disini saya juga membuat sebuah alat baru yang mirip seperti si SIMILIKITI PROJECT, yaitu dapat mencatat atau logger tanpa menggunakan perangkat komputer alias berdiri sendiri. alat itu belum saya berikan nama sih, ya sebut saja power meter logger. saya sebut begitu karena logger nya berfungsi untuk mencatat pengukuran tegangan listrik, arus listrik dan daya listrik yang digunakan ke dalam sebuah file. wow, pakai komputer kah? tentunya tidak perlu menggunakan komputer untuk mencatat nya melainkan alat ini dapat bekerja sendiri menulis sebuah file kedalam memory card yang terpasang pada alat tersebut. dalam design yang saya gambar menggunaka software diptrace dibawah ini ditampilkan bahwa ukuran alat yang saya buat ini ukuran nya sebesar lcd yang digunakan sebagai tampilan nya. SANGAT KECIL DENGAN FUNGSI YANG BESAR :D lebay x.

dengan menggunakan komponen smd pada rangkaiannya jadi kelihatan alat ini lebih rapi. kamu sendiri bisa lanjutkan penelitia mulai dari alat ini, untuk pencatatan apa gitu. atau kamu bigung mau nyari judul tugas akhir elektronika yang keren? ini mungkin bisa kamu pakai sebagai referensi. sangat kecil dan ringkas. pada bagian kanan alat ini dari urutan atas adalah terminal power supply, sensor tegangan, dan juga sensor arus listrik. lalu daya listriknya? –> DAYA = TEGANGAN X ARUS jadi ya di rumusin aja, tenang.. alat nya yang hitung kok. coba lihat dibawah ini.

untuk skematik alat ini ditunggu saja pada artikel selanjutnya yang akan membahas fungsi fungsi yang bisa dilakukan alat ini secara lebih detail. nanti juga akan saya berikan firmware demo alat ini secara gratis disini. jadi ditunggu aja ya.

Download :

  • skematik.
  • Firmware data logger.
  • layout PCB (pdf).

Kamu mau buat layout rapi seperti foto saya diatas?? saya cuma pakai kertas aja kok. kertas khusus (alay lagi) coba cek video nya cara saya bikin PCB disini.

HARGA : 

Share this post