Similikiti Project, apaan sih tu? kok aneh banget namanya. Ya itu adalah salah satu perangkat elektronika yang saya buat sendiri. Similikiti project merupakan sebuah alat monitoring online yang saya buat berbasis panjerino.

Similikiti saya buat untuk dapat mendeteksi tegangan, arus listrik, daya listrik, suhu ruangan, kelembaban ruangan, pemakaian listrik (KWH meter) sampai dengan monitoring keamanan rumah yang berbasis online. Similikiti project melaporkan segala kondisi sesuai dengan sensor yang dipasangkan ke twitter secara langsung tanpa menggunakan perangkat komputer, oleh karenanya similikiti ini harus mendapatkan akses internet langsung melalui port ethernet yang tersedia pada board similikiti ini.

Similikiti dapat melaporkan kenaikan dan penurunan tegangan listrik dengan kriteria tertentu dan juga dapat membaca daya listrik yang digunakan sekaligus melaporkan nya sesuai dengan pengaturan yang ditentukan, sehingga laporan yang dilakukan similikiti ke twitter tidak dilakukan setiap saat dan juga tidak membebani server twitter karena tidak terlalu sering nya similikiti melakukan request ke twitter.

Pada alat ini telah dipasangkan sebuah IC Wiznet5100 yang berfungsi untuk komunikasi similikit ke jaringan internet. Selain itu juga terdapat sebuah IC FTDI yang digunakan untuk alat ini berkomunikasi ke komputer menggunakan kabel usb. Diperlihatkan pada gambar dibawah ini adalah layout dari Similikiti Project yang menggunakan hampir semua adalah komponen SMD.

Dibawah ini adalah penampilan depan dan belakang dari similikiti Project yang menampilkan layout smd dibagian belakang pcb nya. Ukuran yang  sangat kecil untuk fungsi yang banyak membuat similikiti ini sangat powerfull untuk ditelakkan dimanapun dan ukuran yang sangat kecil.

Selain dapat di posting otomatis status ke twitter, Similikiti project ini juga dapat menampilkan semua kondisi dari tegangan listrik, arus listrik, daya listrik yang digunakan, menghitung kwh, suhu ruangan, kelembaban, keamanan ruangan sampai juga intensitas cahaya yang semua itu ditampilkan bergilir pada sebuah LCD. dibawah ini adalah salah satu contoh reporting ke twitter dengan melaporkan otomatis dari similikiti kenaikan dan penurunan tegangan listrik.

Dalam ujicoba pertamanya, similikiti bagu hanya dapat melaporkan peningkatan dan penurunan tegangan listrik, namun kini telah meningkat dengan juga dapat mendeteksi terjadinya peningkatan penggunaan daya listrik berlebih dengan parameter tertentu yang telah di tuliskan pada similikiti. Berikut ini adalah galery dari similikiti project.

Baca juga  Menyalakan Lampu dengan Android

 

Similikiti Project

25 gagasan untuk “Similikiti Project

  • 9 Agustus 2012 pukul 21.24
    Permalink

    wuuih,,dah ada d blog…mas solder pake yg brapa watt? listing programnya ada gak mas?

    Balas
    • 9 Agustus 2012 pukul 23.02
      Permalink

      Solder pakai 40watt. untuk coding tidak saya share karena menyangkut pembajakan yang sering terjadi. terima kasih.

      Balas
  • 10 Agustus 2012 pukul 00.43
    Permalink

    wah keren bli..
    bisa dikembangkan kemana-mana..
    semangat terus utk berinovasi bli…

    Balas
    • 10 Agustus 2012 pukul 01.40
      Permalink

      terima kasih de.. ayo terus berinovasi juga coding nya de… 🙂

      Balas
  • 22 Agustus 2012 pukul 17.16
    Permalink

    Saya mau dong 1…
    Kalo bisa dihubungkan jg dengan pengendali listrik dari komputer maupun internet.
    gimana caranya pesan?
    kasi no telp nya dong…

    Balas
    • 24 Agustus 2012 pukul 18.02
      Permalink

      ini sudah ada i channel pengendali listrik dari internet.. produk belum diproduksi massal. masih prototype saja. bisa hubungin 08970869443

      Balas
  • Pingback:Switching PSU di Similikiti? » Duwi Arsana

  • Pingback:Duwi Arsana

  • Pingback:Duwi Arsana» Power Meter Online Berbasis Twitter

  • Pingback:Membuat Kwh Meter Pintar | | Duwi Arsana

  • 10 November 2013 pukul 16.09
    Permalink

    Mas gung… saya mau tanya Power meter similikiti apakah bisa untuk memonitor daya yang terserap di jaringan kabel TM 20kV ? apakah bisa di menggunakan selain server twitter? apakah bisa dihubungkan dengan server dyndns? kalau bisa saya berminat beli, harganya dan ongkos kirim ke semarang berapa?

    Balas
    • 15 November 2013 pukul 11.02
      Permalink

      bisa saja mas, untuk tegangan tinggi sama saja sistem nya . karena saya pada pengukuran 220v itu saja melakukan drop tegangan menggunakan step down dan mengambil pehitungan berdasarkan nilai perbandingan trafo, jadi untuk tegangan besar juga hampir serupa.

      Balas
  • 8 Januari 2014 pukul 18.18
    Permalink

    mantap mas projectnya!!!

    parameter apa saja yang bisa diukur ole si similikiti ini? apakah mampu mengukur nilai cos phi atau power factor?

    Balas
  • 20 Januari 2014 pukul 03.29
    Permalink

    Mas tolong info harga dan features similikiti, bisakah dipakai sebagai komparasi dengan KWH yg ada. Juga bagaimana pengaruhnya terhadap kwh meter yg ada.

    Adakah daftar lengkap proyek2 yg dibuat berikut harganya.

    Terimakasih

    Balas
    • 23 Januari 2014 pukul 01.57
      Permalink

      wah mohon maaf mas, similikiti udah ga dibikin lagi nih. kalau yang lain nanti di update di toko duwiarsana nya

      Balas
      • 25 November 2015 pukul 09.40
        Permalink

        Mas,

        Saya kebetulan baca situs nya dan membaca mengenai pembagi listrik (untuk di gunakan di kamar-kamar kost). Mohon informasi apakah unit ini sudah di produksi karena saya tertarik untuk membeli nya

        terima kasih
        Monang

        Balas
  • Pingback:Membuat Data Logger Memory Card - Duwi Arsana | Duwi Arsana

  • 28 November 2016 pukul 12.55
    Permalink

    tolong postnya di post lagi dong gan
    gambrnya udah ilang semua
    mau dijadiin referensi TA soalnya
    msksih

    Balas

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.