Modem WaveCom Sms mikrokontroller

on
Categories: Tips & Trik, Tutorial

Modem wavecom, pertama kali saya mengenal alat tersebut adalah sebagai alat yang digunakan untuk sms gateway pengiriman sms massal ataupun untuk alat penjualan pulsa dari masing masing operator dengan menghubungkan beberapa modem wavecom ke komputer yang berisikan software pengiriman pulsa yang dapat mengirimkan perintah tertentu ke modem tersebut untuk perintah pengiriman pulsa ke server.

Dalam mikrokontroller juga modem wavecom sering digunakan sebagai alat untuk mengirimkan sms dalam keadaan tertentu. Seperti halnya dalam tugas akhir mahasiswa atau skripsi mahasiswa bulan lalu pada kampus saya, banyak terdapat mahasiswa yang membuat judul skripsi  sms gateway yang maksud mereka adalah mikrokontroller mengirimkan sms ke nomor tertentu dengan kondisi tertentu pula. Salah satu contoh yang dapat diambil seperti, motion detector berbasis sms gateway. Alat ini bekerja sangat sederhana dengan memanfaatkan PIR sebagai sensor gerak yang terhubung ke mikrokontroller lalu modem wavecom juga terhubung ke mikrokontroller ini dengan melewati perantara converter rs232 to ttl. Alat converter Rs232 to ttl ini diperlukan dalam hubungan modem ke mikro karena pada umumnya input output dari modem wavecom bekerja dengan sinyal rs232 sedangkan mikrokontroller berkomunikasi TTL sehingga sinyal rs232 tersebut perlu di ubah menjadi ttl dengan menggunakan converter. nah, setiap pergerakan yang di deteksi tersebut kemudian dijadikan trigger untuk mikrokontroller mengirimkan perintah kirim sms ke modem wavecom.

Beberapa kali saya telah membeli modem wavecom dan beberapa kali juga sudah membuat alat yang melaporkan sesuatu yang terjadi melalui sms. Setiap project sms yang saya buat selalu membuat converter untuk modem ini, namun kali ini sudah tidak lagi.

Sebenarnya, didalam dari modem wavecom tersebut ada sebuah konverter juga yang mengubah ttl menjadi rs232. karena modul gsm di dalam modem tersebut mengeluarkan sinyal ttl sedangkan karena komputerini biasanya digunakan pada komputer rs232 maka sinyal tersebut di konversi menjadi rs232. kita dapat memodifikasi hal tersebut dengan langsung saja menjumper kabel komunikasi rx/tx dari mikrokontroller langsung ke modul gsm yang ada dalam modem wavecom ini. dengan demikian kita dapat menghemat pengeluaran untuk biaya pembuatan konverter ini.

Baca juga  Membuat Api Darurat Dengan Batu