Modem WaveCom Sms mikrokontroller

Back to Blog

Modem WaveCom Sms mikrokontroller

Modem wavecom, pertama kali saya mengenal alat tersebut adalah sebagai alat yang digunakan untuk sms gateway pengiriman sms massal ataupun untuk alat penjualan pulsa dari masing masing operator dengan menghubungkan beberapa modem wavecom ke komputer yang berisikan software pengiriman pulsa yang dapat mengirimkan perintah tertentu ke modem tersebut untuk perintah pengiriman pulsa ke server.

Dalam mikrokontroller juga modem wavecom sering digunakan sebagai alat untuk mengirimkan sms dalam keadaan tertentu. Seperti halnya dalam tugas akhir mahasiswa atau skripsi mahasiswa bulan lalu pada kampus saya, banyak terdapat mahasiswa yang membuat judul skripsi  sms gateway yang maksud mereka adalah mikrokontroller mengirimkan sms ke nomor tertentu dengan kondisi tertentu pula. Salah satu contoh yang dapat diambil seperti, motion detector berbasis sms gateway. Alat ini bekerja sangat sederhana dengan memanfaatkan PIR sebagai sensor gerak yang terhubung ke mikrokontroller lalu modem wavecom juga terhubung ke mikrokontroller ini dengan melewati perantara converter rs232 to ttl. Alat converter Rs232 to ttl ini diperlukan dalam hubungan modem ke mikro karena pada umumnya input output dari modem wavecom bekerja dengan sinyal rs232 sedangkan mikrokontroller berkomunikasi TTL sehingga sinyal rs232 tersebut perlu di ubah menjadi ttl dengan menggunakan converter. nah, setiap pergerakan yang di deteksi tersebut kemudian dijadikan trigger untuk mikrokontroller mengirimkan perintah kirim sms ke modem wavecom.

Beberapa kali saya telah membeli modem wavecom dan beberapa kali juga sudah membuat alat yang melaporkan sesuatu yang terjadi melalui sms. Setiap project sms yang saya buat selalu membuat converter untuk modem ini, namun kali ini sudah tidak lagi.

Sebenarnya, didalam dari modem wavecom tersebut ada sebuah konverter juga yang mengubah ttl menjadi rs232. karena modul gsm di dalam modem tersebut mengeluarkan sinyal ttl sedangkan karena komputerini biasanya digunakan pada komputer rs232 maka sinyal tersebut di konversi menjadi rs232. kita dapat memodifikasi hal tersebut dengan langsung saja menjumper kabel komunikasi rx/tx dari mikrokontroller langsung ke modul gsm yang ada dalam modem wavecom ini. dengan demikian kita dapat menghemat pengeluaran untuk biaya pembuatan konverter ini.

Baca juga  Tv Tabung Hanya Muncul Garis Putih

Share this post

Comments (5)

  • Monitoring Suhu lewat SMS » Duwi Arsana Reply

    […] Buat SMS GATEWAY tanpa CONVERTER KLIK dIsINI […]

    31 Agustus 2012 at 19.02
  • Woro Agus Nurtiyanto Reply

    nuhun mas, cara mencari tw pin rx/tx di modem wavecome gmn? tq

    30 Oktober 2012 at 07.53
  • Us Reply

    ikut nimbrung ya…. saya baru belajar mikon atmega8535, tapi sampai saat ini mikon tidak bisa komunikasi sama wavecom tlg pencerahanya

    24 Agustus 2014 at 11.56
  • Wizay Woed Reply

    mas, dimana ya saya bisa pesan wavecom ini??? thx

    27 Agustus 2014 at 08.08
  • Hasan Basri Reply

    mas gambarnya kok gk ada yaaa..

    17 November 2014 at 12.15

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog