Berita Terbaru

Menyalakan Sepeda Motor Dengan Sidik Jari

Pada artikel ini, yaitu “Menyalakan Sepeda Motor Dengan Sidik Jari” Kita akan belajar bagaimana memprogram sebuah mikrokontroler yang terhubung dengan sensor sidik jari untuk dapat digunakan sebagai kunci elektronik di kendaraan kita seperti salah satu nya sepeda motor.

Saya katakan pada kendaraan kita karena sistem atau alat yang akan kita bahas disini tidak hanya bisa dipasang di sepeda motor saja, tapi juga bisa dipasang pada mobil, rumah, bahkan sepeda listrik pun juga bisa.

Alat ini akan berfungsi untuk menyalakan kelistrikan sepeda motor dan juga bisa kita gunakan untuk menyalakan mesin secara otomatis saat sidik jari yang dipasang sudah merupakan sidik jari yang terprogram pada sensor yang dipakai.

Alat dan Bahan

  • Arduino Uno / Atmega328
  • Modul Sidik Jari
  • Modul Relay
  • DFPlayer modul
  • Speaker
  • Kabel jumper

Untuk bahan bahan yang akan digunakan disini khususnya arduino kalian bisa gunakan arduino tipe apa saja karena pin yang digunakan dalam project ini tidak banyak.

 

Gambar Rangkaian

Dari gambar skematik diatas kalian bisa lihat pin mana saja yang digunakan dalam membuat alat ini. Saya sengaja membuat PCB custom untuk project ini agar ukuran nya menjadi lebih kecil dan ringkas. Coba kalian buat alat ini dengan menggunakan arduino dan modul relay yang terpisah, tentunya akan menjadi rangkaian yang sangat besar dan kelihatan ribet.

Maka dari itu di project selanjutnya yang PCB nya saya sudah cetak di pabrik, nanti relay nya akan dibuat terpisah menggunakan relay khusus otomotif yang mampu mengalirkan arus 30A. berikut adalah gambar layout terbaru nya.

Coding Arduino

Untuk Bagian merekam sidik jari nya, file example yang ada pada library dinamakan dengan enroll

 

Baca juga  Rangkaian Score Board Wireless

Sedangkan untuk menguji coba sidik jari yang sudah tersimpan kalian bisa menggunakan coding example fingerprint dan melihat hasilnya pada serial monitor.

jangan lupa juga pada bagian coding fingerprint untuk menambahkan fungsi untuk menyalakan dan mematikan relay yang kita pasang saat sidik jari yang kita tempelkan benar. Bagian tersebut ada pada bagian

Baca juga  Memperbaiki Charger Laptop

Silahkan dicoba dan di kreasikan sesuai dengan imajinasi kalian agar dapat berfungsi sesuai dengan keinginan kalian.

 

Download

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Modul Jam digital Baru
views 2261
Beberapa hari lalu saya telah menggambar ulang skematik dan layout dari jam digital 6 digit menggunakan seven segment yang pernah populer beberapa bul...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Membuat Jam Digital Berbicara

Oke pada artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana kita bisa membuat sebuah jam digital …

6 komentar

  1. Bang bisa pesan pcb nya bang. Sukur2 sih pcb yang sudah jadi. Maksudnya pcb yg sudah sama komponennya bang.

  2. bang, PCB yang sudah jadi yang ukuran kecil klo sudah jadi saya bisa pesann lewat apa bang.?
    apakah abang punya online shop?

  3. Mencoba menghubungi Via WhasApp ke nomor: 0857-3978-6669 dan 0897-0869-443, tidak dibaca.

    Mohon responsnya di WhatsApp 08161816231, terima kasih.

Tinggalkan Balasan