USB Kelebihan Arus Pada TV Toshiba?

on
Categories: Service

USB Kelebihan arus? hm… Kemarin sore ada pengalaman unik yang saya alami saat membongkar sebuah android TV dengan merk Toshiba.

TV LED yang tergolong dalam smart tv ini ber sistem operasi android. Saya menerima nya sekitar 2 hari lalu melalui teman saya si Dodok.

Sebelum nya

Si dodok waktu itu menerima TV ini dengan kondisi error. Tv menampilkan tulisan pada layar nya “Status USB Kelebihan Arus Dideteksi”

tv toshiba status usb kelebihan arus dideteksi

Kerusakan seperti ini memang paling sering dialami oleh TV dengan merk Toshiba.

Kata si Dodok teman saya, pemilik TV ini sempat membongkar TV nya. TV nya dicek, namun sudah dirapikan lagi dan dibawa ke bengkel kami di Jalan Tukad Bilok Denpasar. Tapi apa yang saya temukan saat membongkar TV tersebut?

USB Kelebihan Arus

Saat saya membongkar TV Toshiba tersebut, nampak sebuah IC sudah hilang dari PCB nya. Dengan bekas solderan yang terkesan dipaksa atau tidak matang dalam memberikan timah nya. Sehingga ada jalur tembaga yang terkelupas dan juga sisa timah yang masih menempel tidak beraturan di papan PCB.

status usb kelebihan arus dideteksi

Jika dicari di internet tentang memperbaiki TV yang mengeluarkan tulisan kelebihan arus. Maka banyak yang menyarankan untuk mencabut ic didekat konektor usb.

Dalam web saya di kategori service, saya memang belum pernah membuat artikel tentang kerusakan TV yang menampilkan tulisan error usb kelebihan arus seperti ini.

Saya menebak, mungkin ini juga dilakukan pada TV yang saya terima ini. Tapi ternyata IC nya sudah hilang, tulisan kelebihan arus nya masih.

Sebenarnya lebih aman kalau kita mengganti IC tersebut daripada melepasnya.

Apa sih sebenarnya IC yang dilepas itu? Sebenarnya IC itu adalah pendeteksi arus. Tugas nya memberikan sinyal arus berlebih ke IC utama agar device yang terpasang pada port usb tidak merusak mainboard.

Baca juga  TV LED LG Layar Gelap

Lalu kenapa harus dilepas? mungkin tujuan nya agar mainboard tidak mendeteksi kelebihan arus lagi karena ic yang berfungsi seperti itu sudah dilepas.

Saya pun kemudian membersihkan bekas timah yang masih menempel di kaki ic yang dilepas lalu mencoba menyalakan TV tersebut. Hasilnya? Tulisan kelebihan arus pun menghilang dan TV menjadi normal kembali.

Selalu Berhati Hati Memperbaiki TV

Untuk para teman teman yang mencari referensi perbaikan di internet, contohnya tentang kerusakan usb kelebihan arus ini ada baiknya kita membekali diri dengan pengetahuan dasar. Pengetahuan seperti fungsi masing masing komponen, teknik menyolder yang baik, dan juga mungkin mengetahui tentang bagaimana mengukur sebuah komponen yang rusak. Karena jika salah diagnosa, atau salah pengukuran saja, kita nanti malahan membuat TV tersebut menjadi tambah rusak.

Sebenarnya saya ingin membuatkan video tutorial di channel youtube saya tentang kerusakan tv ini, tapi karena waktu yang sudah terlalu malam di bengkel baru kami akhirnya saya tunda dulu.

Sekian dulu cerita saya hari ini tentang masalah TV Toshiba ini. TV Toshiba yang error menampilkan tulisan status usb kelebihan arus dideteksi. TV nya sudah normal hanya dengan membersihkan sisa timah dari IC detektor arus yang letaknya paling dekat dengan konektor USB. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

Terima kasih.