Berita Terbaru

Project IoT ESP8266 ESP12E

Project yang ada di artikel ini sepenuh nya dicetak pada https://pcbway.com

Nah kalau ngomongin project IoT atau yang kepanjangan nya internet of things ini pas kita perlu sebuah akses internet agar alat yang dibuat bisa ambil data atau posting data ke internet.

Kalau di project project sebelum nya saya masih menggunakan modul GSM SIM900 atau SIM800L sebagai modul yang memberikan akses internet melalui jalur GPRS.

Tapi sekarang ada yang lebih praktis lagi yaitu sebuah mikrokontroler yang sudah ter integrasi dengan module WIFI sehingga biaya yang kita pakai untuk membuat project ini jauh lebih murah.

Pada artikel ini saya ingin membuat sebuah alat dengan sebutan Kebun Telegram.

Project IoT untuk kebun atau perkebunan ini saya buat untuk dapat memantau kebun khusus nya untuk kelembaban tanah, suhu, dan juga kelembaban udara di sekitar kebun yang ingin saya pantau.

Tapi juga alat yang saya buat sebagai IoT ini saya dapat fungsikan sebagai kontrol untuk menyalakan mesin pompa irigasi sehingga saya bisa menyiram tanaman dari jarak jauh melalui alat yang saya buat ini.

Untuk dapat berkomunikasi dengan alat ini saya menggunakan aplikasi chatting Telegram sebagai perantara, jadi untuk memantau data serta mengontrol nya saya hanya perlu chatting seperti biasa nantinya.

Komponen yang Diperlukan

  1. ESP8266 12E
  2. DHT11
  3. Relay 5V 5 Pin
  4. Regulator 3.3V AMS1117
  5. Optocoupler PC817
  6. Transistor 3904 x2
  7. Buzzer 5V
  8. Led x3
  9. Capacitor 10uF/16v x2
  10. Terminal Screw 2p
  11. Terminal Screw 3p
  12. Tactile switch
  13. Diode 4007
  14. Capacitor 22pf x2
  15. Capacitor 100nf x2
  16. Resistor 680 x9

Untuk komponen kalian bisa menggunakan komponen standar, tidak perlu menggunakan komponen SMD seperti yang saya buat di artikel ini untuk mempermudah penyolderan.

 

Gambar Skematik

Dari gambar rangkaian diatas kalian bisa perhatikan ada beberapa header yang masing masing adalah menuju ke sensor DHT11, komunikasi serial, dan sensor kelembaban tanah.

Jika kalian bingung dengan gambar rangkaian nya, kalian bisa download skematik nya dalam format eagle PCB pada akhir dari artikel ini.

Coding Arduino

Download File

LIBRARY TELEGRAM SKEMATIK EAGLE CODING ARDUINO
Baca juga  Merakit Running Text Sederhana

 

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Kendali listrik rumah berbasis android
views 4645
Android, wuih ... siapa yang ga kenal android tuh. sistem operasi smart phone yang sedang populernya saat ini. Banyak vendor perangkat smartphone memb...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Membuat Penyiram Tanaman Otomatis

Untuk seseorang yang suka berkebun tentunya menyiram tanaman adalah kegiatan yang wajib dan rutin harus …

Tinggalkan Balasan