TV LED SAMSUNG Mati Total


TV LED SAMSUNG Mati Total

Kali ini saya akan share cerita saya tentang sebuah TV yang rusak yaitu mati total.

Tv nya sudah saya dapat beberapa minggu lalu, yaitu sebuah tv dengan merk SAMSUNG.

Sebenar nya kalau diambil secara garis besar dunia elektro, dimana mana pasti mengerti kalau benda elektronik yang rusak nya mati total pasti lebih mudah diperbaiki. saya bisa katakan 90% Sangat mudah diperbaiki menurut pengalaman saya.

Kenapa saya katakan mudah diperbaiki?

Karena biasanya kalau benda elektronik mati, yang paling pertama jadi tersangka adalah power supply nya atau board yang berfungsi sebagai penyuplai tegangan ke seluruh rangkaian elektronik dari perangkat tersebut.

Beberapa perangkat elektronik dalam hal ini TV ada yang memiliki rangkaian power supply yang terletak di dalam tv itu sendiri, dan ada juga yang menggunakan power supply external atau yang sering kita sebut dengan adaptor.

Dalam cerita saya kali ini saya mendapatkan TV dengan board power supply yang berada langsung di dalam tv tersebut.

Seperti yang saya katakan diawal, untuk kasus mati total hal pertama yang harus kita periksa adalah bagian power supply.

Power supply untuk TV SAMSUNG yang saya bongkar disini terlihat sederhana daripada power supply TV LCD atau tv seri lama yang lebih tebal dan cendrung power nya terdapat trafo yang besar besar.

Kalian bisa lihat di foto, kalau power supply SAMSUNG itu sederhana kecil dan simple. Trafo nya pun dibuat berada ditengah pcb sehingga membuat ketebalan board menjadi slim.

Nah untuk pertama kali yang harus saya pastikan jika mendapat sebuah tv mati total seperti ini adalah pastikan listrik dirumah kamu menyala dulu :D kalau ga ada listrik ga bisa nyoba dong wkwkwk

Lalu kalian lihat ada elco paling besar di power supply itu, pastikan tegangan nya ada sebesar 300 sampai 400VDC.

[ads1]

Nah setelah itu pastikan tegangan setelah trafo dan dioda penyearah ada tegangan, Jika tidak ada tegangan, kalian bisa curiga bagian mosfet regulator sebelum trafo switching atau biasanya ada yang menggunakan STR di regulator nya. Untuk mengetahui rangkaian driver mosfet atau STR ini bekerja atau tidak kalian harus tes dengan menggunakan oscilloscope biar gelombang nya bisa terbaca.

Nah dalam perbaikan ini saya mendapati tegangan keluar setelah trafo ada, hanya saja tidak normal seperti yang ditunjukan pada video.

Tidak normal nya tegangan keluar (naik turun) biasanya disebabkan oleh optocoupler yang bermasalah karena tidak adanya feedback yang baik ke bagian regulator sebelum trafo.

Tapi setelah saya cek ternyata ada salah satu dioda gandeng pararel yang salah satunya short sehingga dioda itu meneruskan arus AC bukan DC yang menyebabkan bermasalahnya feedback yang dikirim melalui optocoupler. Setelah saya ganti dioda nya dengan dioda 5 ampere (sama dengan yang rusak) akhirnya power supply pun bisa mengeluarkan tegangan normal seperti pada video berikut.

Share this post

Komentar anda