Berita Terbaru

Memperbaiki TV LED Blank Putih Bergaris

Sekarang makin banyak aja TV LED yang rusak nya aneh aneh.

Dan sekarang saya akan bercerita tentang memperbaiki TV LED blank putih bergaris.

Maksud dari blank putih bergaris adalah, TV LED yang saya hadapi sekarang ini layar nya tidak ada gambar, dan lama kelamaan menjadi blank putih disertai garis garis pada layar nya.

Sebelum saya membahas TV nya saya mau cerita kalau sering kali orang orang mengeluh tentang kualitas TV yang jelek dan cepat rusak dan disertai dengan membanding bandingkan dengan TV jaman dulu (TV Tabung) yang bandel dan jarang rusak.

Sebenar nya beberapa kali saya membongkar tv dengan kerusakan layar tidak ada gambar selalu saja mendapati kondisi layar LCD yang berkarat akibat terkena cairan. Setelah ditanyakan kepada pemilik TV ternyata si pemilik TV rajin membersihkan layar nya dengan pembersih kaca, atau air, agar selalu terlihat baru tanpa tau kalau cairan pembersih yang mereka pakai merembes ke bagian bawah layar lcd dan mengendap menjadi karat dan menyebabkan layar korosi.

Dan itulah yang sedang terjadi pada TV yang saya hadapi saat ini.

Setelah tv nya saya bongkar ternyata ada bekas cairan yang sudah mengering dibagian bawah lcd. lebih parah nya lagi pada jalur flat cable ke panel lcd terjadi konsleting yang menyebabkan flat cable terbakar.

Pertama tama saat saya menyalakan tidak terjadi apa apa kecuali layar yang blank putih bergaris,  tapi begitu saya sentuh flat cable terjadi percikan api dan membuat tampilan layar bergaris acak.

Perbaikan layar lcd yang terbakar seperti ini sebenarnya sudah pernah saya posting video nya pada channel youtube saya. Waktu itu saya menggunakan isolasi sebagai pembungkus bekas terbakar pada flat cable layar. Video itu saya share di grup teknisi di facebook, tapi apes, saya di bully disana wkwkwk :D ga apa apa yang penting TV nya masih nyala sampai sekarang. Video nya ada dibawah ini.

Baca juga  Memperbaiki TV LED Gambar Double

Tapi yang sekarang ini mirip mirip juga sih cuma sekarang saya lebih hati hati lagi bersihin nya. Dan kembali lagi saya amankan dengan menggunakan isolasi :D semoga ga dibully lagi sama para master elektro

Yang penting setelah dibersihkan bekas terbakar nya tv bisa nyala itu aja uda cukup.

Kenapa bisa menyala normal? Sebenarnya yang terbakar itu adalah jalur tegangan yang ada juga pada sisi layar bersebrangan, sehingga kalau kita amankan jalur yang short terbakar itu maka jalur lainnya akan bisa tetap menyuplai tegangan ke panel dengan normal. Kenapa dia bergaris blank? itu karena terjadi konsleting tadi sehingga tegangan VON atau VGH yang tidak ada ke panel akibat konsleting tadi.

Semoga cuap cuap saya ini ada berguna buat para pembaca sekalian :)

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Membuat Jam Digital Led Matrix P10
views 11098
Membuat jam digital dengan menggunakan display seven segment tentu saja menjadi hal yang sudah biasa bagi penggiat elektronika. Namun jika kita membu...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

TV LED Gambar Hilang Sebagian

Dateng lagi barang barang elektronik yang kondisinya sudah lumayan memprihatinkan. Sebuah TV LED dengan merk …

Tinggalkan Balasan