Berita Terbaru

Cara Menggunakan Software Led Matrix

Led matrix, sekarang sudah banyak sekali yang pakai untuk display toko. Langsung aja disini saya akan menjelaskan bagaimana mengedit animasi dari awal menggunakan software led matrix X-show. mari kita ikuti langkah langkahnya dibawah ini :

  • nyalakan dulu software led matrix x-show kamu.
  • tekan tombol F3 di keyboard maka akan muncul tampilan screen parameter. disini kita harus mengatur ukuran panel led matrix yang akan dipakai terlebih dahulu. dalam contoh saya menggunakan 1 panel led matrix jadi ukuran yang saya gunakan adalah 32×16 dan atur jenis kontroller yang digunakan. dalam hal ini saya menggunakan kontroller jenis x4 dan panel tipe saya pakai p10. lalu tekan tombol ok.

  • maka akan muncul kotak layar sesuai ukuran panel yang kamu pakai. kalau terlalu kecil kamu bisa membesarkannya dengan menggunakan kaca pembesar + yanga da di pojok kiri bawah.
  • sekarang lanjut membuat animasi standar yaitu tulisan dengan mengklik tombol Subtitle diatas. lalu sesuaikan ukuran yang diiinginkan di panel. karena panel yang saya gunakan kecil maka hanya bisa satu tulisan, namun jika kamu menggunakan beberapa panel yang dijadikan satu kamu bisa menambahkan beberapa tulisan bersamaan dalam satu layar led matrix.
  • lalu tuliskan tulisan yang akan kamu tampilkan pada layar di kolom editor. pada kolom display properties kamu bisa mengatur animasi untuk subtitle.
  • nah untuk menambahkan yang lain bagaimana? sama seperti diatas, jam digital dan animasi lainnya bisa ditambahkan dengan menekan tombol bergambar diatas.
  • bagaimana cara agar program 1,2,3,4 dst meyala secara bergantian? kamu harus mengklik program (bukan animasinya) lalu pilih pada play mode yaitu fixed lenght. disini saya sarankan jangan terlalu lama agar kamu bisa melihat hasilnya langsung. coba dengan angka 10 dulu. tiap program kamu atur seperti itu.
Baca juga  Membuat Mp3 Player

  • Nah untuk transfer ke kontrollernya bagaimana? silahkan klik tombol export diatas, pilih flashdisk yang kamu pakai lalu klik export. setelah selesai langsung pasang di led matrix kamu saat kondisi menyala. tunggu sampai loading selesai sekitar 10 detik dan lepaskan. maka animasi yang kamu buat akan tampil.
  • sisanya kamu hanya pernu improvisasi saja untuk mendapatkan animasi tulisan led matrix yang beragam 🙂 selamat mencoba.

 

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Maestro Ogoh Ogoh, Kedux dan Marmar

Hari itu Senin tanggal 24 Februari Tahun 2020, di gedung Dharmanegara Alaya Lumintang. Saya bersama …