Membuat Display Mata Uang Asing Update Otomatis

Back to Blog

Membuat Display Mata Uang Asing Update Otomatis

Kamu tau kan display mata uang yang sekarang mulai sering kita lihat, baik itu dipinggir jalan, maupun di dalam bank yang bersangkutan.

Display mata uang atau yang sering disebut juga dengan display kurs mata uang asing. Biasanya ini kita akan lihat pada bank yang melayani jasa pertukaran mata uang asing. Atau di tempat yang memang kegiatan nya melakukan pertukaran mata uang asing sudah pasti akan memiliki display seperti ini.

Display nilai mata uang asing ini sendiri ada banyak macam nya. Sekarang sudah mulai dengan display yang menggunakan angka angka digital sebagai penunjuk harga mata uang asing. Namun tidak sedikit juga yang masih menggunakan metode manual dengan menulis nya pada sebuah papan whiteboard dengan spidol.

Nah untuk display nilai mata uang asing atau sering disebut display kurs dollar ini, yang digital pun ada beberapa tipe. Ada yang menginputkan data nya secara manual, namun ada juga yang menggunakan computer untuk menginputkan nilai tukar mata uang asing nya. Tentunya nilai pertukaran mata uang asing ini akan selalu berubah tergantung dari pasar global ataupun tergantung dari nilai yang sudah ditetapkan oleh perusahaan yang memang bergerak di bidang pertukaran mata uang asing. Jika terlambat atau salah menginputkan nilai pertukaran nilai mata uang asing bias saja bukan nya untung malah akan merugi.

Nah beberapa metode tersebut adalah metode yang umum digunakan pada display digital mata uang asing yang dijual dipasaran. Sekarang kita akan mencoba untuk membuat sebuah alat yang berfungsi untuk mengetahui nilai pertukaran mata uang asing juga. Dengan display angka digital menggunakan led matrix yang tentunya data nya disini akan kita buat update otomatis mengikuti salah satu standar nilai pertukaran uang yang sering dipakai yaitu bank BCA.

Baca juga  Merakit LED MATRIX

Namun disini nilai mata uang yang akan saya tampilkan hanyalah nilai dari US Dollar saja Untuk mempermudah penjelasan saja.

Metode yang digunakan dalam pembuatan display kurs dollar digital ini adalah menggunakan metodegrabbing. Data dari sebuah website, dalam kasus ini adalah website bank bca kita bca, dan mengambil beberapa data penting seperti hal nya hanya mengambil data nilai harga beli atau jual dari mata uang US Dollar. Setelah mendapatkan data nya maka nilai angka tersebut yang nantinya akan kita tampilkan secara digital pada display apapun sesuai kehendak kita.

Berikut ini adalah script php yang saya gunakan untuk mengambil data nilai dollar pada bank bca, atau istilah nya grabbing data.

<?php
  

function bacaHTML($url){
   
     $data = curl_init();
     
     curl_setopt($data, CURLOPT_RETURNTRANSFER, 1);
     curl_setopt($data, CURLOPT_URL, $url);
    
     $hasil = curl_exec($data);
     curl_close($data);
     return $hasil;
}
$kodeHTML =  bacaHTML('http://www.klikbca.com');
$pecah = explode('<table width="139" border="0" cellspacing="0" cellpadding="0">', $kodeHTML);
$pecahLagi = explode('</td>', $pecah[2]);
print $pecahLagi[1];


?>

Simpan dengan nama apapun .php misal dollar.php

Coba kalian upload script tersebut pada sebuah hostingan dan akses file tersebut, jika langkah kamu benar maka di web browser akan tampil sebuah nilai yang merupakan nilai tukar dollar terhadap rupiah.

Nah langkah pertama kita sudah dapatkan, sekarang kita tinggal pikirkan bagaimana cara nya nilai atau angka yang ada pada web browser tersebut dapat dibaca oleh perangkat elektronika mikrokontroller dan menampilkan nya pada display digital, yang dalam hal ini saya menggunakan display led matrix.

Pertama kita memerlukan sebuah mikrokontroller, saya pakai Arduino uno. Lalu pikirkan koneksi apa yang akan kita gunakan untuk mendapatkan akses internet agar Arduino dapat mengakses data angka nilai dollar tersebut.

Ada beberapa module Arduino yang bias kita gunakan untuk mendapatkan akses internet, seperti Ethernet shield, module wifi, module gprs. Namun disini saya akan memilih module wifi ESP8266 karena mempertimbangkan harga yang sangat murah dibandingkan dengan module lainnya.

Baca juga  Membuat Display Timer Mundur

Pertama tama kita harus membuat koneksi terhadap sinyal wifi sekitar agar dapat terhubung dan mendapatkan IP.

Coding standar nya adalah sebagai berikut :

 if (esp8266.begin()) 
    Serial.println("ESP8266 sukses"); 

int retVal;
retVal = esp8266.connect("nama wifi", "password");
if (retVal < 0)
{
   //ga isi apa gpp
}
IPAddress myIP = esp8266.localIP(); 
Serial.print(F("My IP is: ")); Serial.println(myIP);
retVal = client.connect("duwiarsana.com", 80);
if (retVal <= 0){
   //gagal
    return;
}

Jika ESP8266 gagal melakukan koneksi ke wifi yang tersedia maka dia tidak akan mendapatkan ip untuk ditampilkan pada serial monitor. Kegagalan koneksi biasanya hanya karena masalah hubungan kabel saja, misalnya hubungan antara kabel rx tx dari modul wifi ke arduino tidak sesuai.

Sedangkan untuk mengakses file php tadi yang sudah kita upload lalukan dengan cara menggunakan metode parsing data yang diperoleh dari koding berikut.

client.print("GET /dollar.php HTTP/1.1\nHost: duwiarsana.com\nConnection: close\n\n");
  while (client.available()){
     char c = client.read();
     Serial.write(c);
      if (c == 'k' ) { //karakter awal yang kalian tambah di file dollar.php sebelum echo
        startRead = true; 
      }else if(startRead){

        if(c != 'z'){ //karakter setelah echo nilai dollar
          inString[stringPos] = c;
          stringPos ++;
        }else{
          startRead = false;
          client.stop();
          client.flush();
     
          //Serial.println(inString);
        stringPos=0;
          String stre(inString);
         
          dolar=stre.toInt();
          //Serial.println(dolar);
          
          str.print(dolar/1000);
          str.print(".");
          str.print(dolar%1000);

          
        }

      }
  
  
  }

Dilihat dari coding diatas maka nilai parsing dari file dollar.php akan tersimpan pada variable dolar. tapi disana saya melakukan pemecahan agar nilai tersebut terdapat titik pemisah angka ribuan. Setelah kita mendapatkan angka dollar tersebut secara digital pada arduino maka sekarang tugas kita adalah melempar angka tersebut ke display digital. Berikut ini adalah coding untuk menampilkan pada display led matrix.

dmd.setBrightness(5);
dmd.selectFont(Arial_Black_16);
dmd.begin();
dmd.drawString(0,0,str);

Ada yang aneh dengan coding tersebut? :D coding nya dikit kali untuk menampilkan angka di display led matrix ya. Ya saya menggunakan library DMD2 untuk mempermudah kita menampilkan tulisan apapun pada display led matrix. Silahkan download pada bagian bawah artikel ini.

Baca juga  Sidik Jari Untuk Kunci Membuka Pintu

Yang ditampilkan disana adalah string yang telah tersimpan pada variable str yang sebelum nya sudah ditulis secara urut lengkap dengan titik pemisah nilai ribuan pada coding sebelum nya.

Nah kalau sebuah sudah dilakukan dengan benar, nanti hasilnya akan seperti pada video demo saya dibawah ini. Cukup sederhana namun bisa dikatakan modern karena datanya kita ambil langsung pada website bank bca sendiri.

[fblike]

  • You've just added this product to the cart:

    Konverter LED P10 Arduino

    Konverter LED P10 Arduino

    Konverter yang bisa kamu gunakan untuk menghubungkan antara arduino ke panel LED Matrix P10

    Rp15.000
  • You've just added this product to the cart:

    Wifi ESP8266

    Wifi ESP8266

    Modul wifi yang bisa kamu gunakan untuk membuat project internet of things atau yang sering disebut IoT

    Rp38.000

Nah untuk coding full nya kalian bisa download pada tombol download berikut ini.

[sociallocker id=2480]

download-button

[/sociallocker]

Share this post

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog