Berita Terbaru

Tv Tabung Hanya Muncul Garis Putih

Memperbaiki TV tabung yang rusak nya hanya muncul garis putih ditengah layar, sebenarnya jarang sekali belakangan ini saya mendapatkan service an tv model tabung.

Kerusakan tv tabung yang hanya menampilkan garis putih ditengah itu memang sering kali terjadi pada tv yang memang sudah ber umur tua.

Mungkin kalian sendiri pernah mengalami nya?

Pada sistem tv tabung terdapat sistem defleksi yoke vertikal dan horisontal, dimana komponen ini berfungsi untuk menyebarkan tembakan elektron ke layar kaca baik itu secara vertikal maupun horisontal.

Defleksi yoke ini sendiri berfungsi dengan cara memberikan medan magnet pada leher tabung tv tersebut yang tegangan nya berasal langsung dari driver horisontal serta driver vertikal pada mesin tv.

Untuk driver bagian horisontal biasanya digunakan sebuah transistor horisontal yang letaknya paling dekat dengan flyback, sedangkan driver untuk vertikal nya berada agak jauh dari flyback dan menggunakan ic dengan kaki yang lebih banyak dari driver horisontal. Kedua driver ini memiliki ciri ciri berpendingin plat aluminium pada umumnya.

IC Vertikal sumber : paimosubroto.blogspot.co.id
IC Vertikal sumber : paimosubroto.blogspot.co.id

Untuk ic vertikal yang paling sering dipakai pada mesin tv adalah seperti di foto ini. bentuk nya pada umumnya sama seperti ini hanya saja tipe atau seri nya yang berbeda beda.

Kerusakan pada sebuah driver horisontal dapat menyebabkan tv tidak mau menyala atau mati total, namun pada beberapa kasus tv hanya dapat menyala dengan menunjukkan lampu indikator saja tanpa bisa start up power.

Berbeda dengan driver vertikal yaitu menggunakan ic seperti pada gambar. Jika terjadi kerusakan pada bagian vertikal tv masih bisa menyala hanya saja bagian vertikal pada layar tidak akan muncul yang menyebabkan gambar terlihat seperti menampilkan garis lurus ditengah layar tabung.

Baca juga  Monitoring Suhu lewat SMS

Kerusakan seperti ini biasa disebabkan langsung oleh ic itu sendiri, namun tidak jarang juga disebabkan oleh retaknya solderan pada kaki ic vertikal sehingga ic vertikal tidak menyala secara sempurna.

Pada beberapa merk tv seperti salah satunya adalah LG, kerusakan pada bagian vertikal ini dapat menyebabkan tv tidak mau menyala atau istilahnya protect sehingga kerusakan nya hanya bisa kita lihat sebentar diawal penyalaan saja atau bahkan tidak bisa sama sekali.

Jadi jika kamu mendapatkan masalah seperti hanya muncul garis ditengah layar, silahkan cek dulu solderan kaki ic vertikal kemudian pastikan ic vertikal menyala dengan tegangan sumber 24v dan juga pastikan jalur ke defleksi yoke terhubung dengan baik.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Download full project jam digital Gratis
views 7975
Ini sih bukan artikel ini saya rasa cuma untuk download aja, karena banyak teman yang sms dan chatting menanyakan full project jam digital duwiarsana....

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Membuat Penyiram Tanaman Otomatis

Untuk seseorang yang suka berkebun tentunya menyiram tanaman adalah kegiatan yang wajib dan rutin harus …

Tinggalkan Balasan