Berita Terbaru
Beranda » Service » Memperbaiki Layar Laptop Yang Mati

Memperbaiki Layar Laptop Yang Mati

Waktu itu saya mendapatkan sebuah service an sebuah laptop. Tumben nih dapet service an laptop, biasanya tv terus yang masuk gara gara sering upload tutorial service tv di channel youtube saya.

Kerusakan dari laptop yang saya terima itu adalah layar nya yang tidak tampil. Pemilik laptop itu sendiri mengatakan kalau layar laptop nya mati tapi kalau menggunakan monitor external tampilan nya akan muncul normal.

Nah kondisi layar laptop yang mati seperti itu tentunya berarti mesin atau motherboard nya tidak bermasalah karena masih mampu menampilkan gambar pada monitor external.

Kerusakan seperti ini biasanya disebabkan oleh 2 kemungkinan. pertama bisa saja memang layar nya yang rusak atau hanya lampu backlight nya yang mati.

Untuk mengetahui kerusakan yang sedang kita hadapi seperti apa, kamu bisa melakukan sedikit tes sederhana pada layar laptop tersebut. Caranya adalah dengan memberikan cahaya pada layar laptop saat kamu menyalakan nya. bisa menggunakan senter atau lampu dari handphone kamu.

Biasanya jika yang rusak adalah backlight maka kamu akan melihat gambar yang nampak samar samar. tapi jika tidak nampak maka kemungkinan layar laptop tersebut sudah rusak secara keseluruhan.

Nah kalau backlight mati bagaimana kita memperbaikinya?

Untuk jenis backlight layar laptop sendiri ada dua jenis yang ada saat ini. yaitu menggunakan led dan juga ada yang masih menggunakan lampu cfl. jika tipe layar laptop kamu adalah LCD maka dipastikan pencahayaan atau lampu nya menggunakan tipe CFL, tapi jika jenis nya LED maka akan ada deretan led didalam layar laptop kamu.

Untuk tipe LCD, alat yang digunakan untuk menyalakan lampu cfl adalah inverter, sedangkan tipe led menggunakan rangkaian yang disebut boost converter.

Baca juga  Cara mendapatkan file Hex dari Arduino

Perbedaan dari keduanya ini adalah pada tegangan nya, pada layar lcd tegangan out untuk backlight nya adalah tegangan tinggi, sedangkan tipe led jauh lebih rendah.

Tidak menyalanya lampu backlight pada lcd maupun led bisa terletak pada kondisi inverter dan boost yang ada. karena jika rangkaian ini bermasalah maka cahaya pada layar tidak akan menyala sempurna atau bahkan mati total.

Menurut pengalaman saya, pada rangkaian inverter (untuk layar lcd) yang sering membuat matinya rangkaian inverter adalah sebuah capacitor yang short sehingga secara bersamaat akan membuat fuse smd putus. Biasanya dengan mengganti capacitor yang short ini dan menyambung fuse kembali akan memperbaiki masalah matinya inverter ini.

Namun pada rangkaian boost (pada layar led) ada banyak kemungkinan yang ada, seperti tegangan keluar yang tidak sesuai dengan keperluan, tegangan yang tidak stabil atau bahkan tegangan tidak muncul sama sekali walaupun tegangan input normal.

namun kali ini pada kasus yang saya alami malah saya mendapati kasus yang sama pada sebuah display led yang kerusakan nya hampir sama dengan display lcd, yaitu capacitor yang short.

Penanganan yang sama bisa menyelesaikan masalah ini seperti pada video yang sudah saya buat berikut ini.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Memperbaiki Speaker Bluetooth Mati Total

Jaman sekarang sudah jaman nya speaker aktif bluetooth. Udah ga jaman lagi speaker dengan aplifier …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.