Membuat Power Supply Variable

Back to Blog

Membuat Power Supply Variable

Membuat power supply variable saat ini bukan karena saya ingin membuat tutorial, tapi kebetulan karena ada sedikit masalah dengan power supply yang lama saya hehehe.

Beberapa minggu lalu saya mengalami musibah. Power supply variable yang saya buat sebelum nya, ga sengaja positif dan negatif outnya terhubung jadi satu sehingga bikin power supply nya hangus terbakar.

Semenjak itu ada sekitar 2 minggu saya kesulitan untuk melakukan service elektronika, karena sumber tegangan yang bisa diatu atur sudah ga ada.

Karena dalam service TV misalnya, untuk dapat mengecek LED backlight pada tv led saja kita perlu tegangan 3v, 6v, atau lebih.

Tegangan 3v sendiri kita akan sulit untuk mendapatkan sumber tegangan 3v dari sebuah adaptor biasa kecuali menggunakan adaptor atau power supply variable yang saya buat sebelum nya.

Jika kalian ingin tau apa maksud saya mengecek led pada backlight tv led silahkan cek pada video yang sudah saya buat di link dibawah ini.

Baca juga  Service TV LED 3D 50" Mati

Nah kalau sebelum nya saya menggunakan casing dari sebuah solder station untuk membuat power supply variable, sekarang saya menggunakan sebuah adaptor laptop langsung sebagai power supply variable itu sendiri.

Adapun barang barang yang diperlukan adalah :

  • Power supply laptop bekas
  • Regulator switching variable
  • Digital display volt ampere
  • konektor
  • Lem dan perekat double tape

Nah pemasangan nya sendiri sangat lah sederhana, karena saya hanya perlu mengikuti petunjuk perkabelan yang ada untuk digital display nya saja.

Tegangan keluar dari adaptor laptop itu masuk ke input regulator switching dulu, yang kemudian barulah tegangan nya di display masuk ke volt ampere. pemasangan kabel out menuju beban juga perlu diperhatikan agar arus dapat terbaca dengan benar.

Selain menggunakan power supply laptop kalian juga bisa menggunakan power supply atau adaptor apapun sehingga tegangan maksimum yang dihasilkan akan mengikuti dari adaptor yang kalian pakai. seperti saya, menggunakan adaptor laptop 19v maka tegangan maksimum yang didapat berkisar 18.5v.

[ads1]

Share this post

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog