Berita Terbaru
Beranda » Service » Memperbaiki Playstation 4 Rusak Mati

Memperbaiki Playstation 4 Rusak Mati

Playstation atau yang sering kita sebut dengan PS adalah sebuah perangkat elektronik yang kita gunakan untuk menghibur diri karena sebuah playstation ini memang fungsi nya adalah sebagai alat untuk bermain.

Pertama kali saya mengenal playstation pada saat SD kelas 6. Waktu itu masih dengan seri psx atau terkenal dengan sebutan playstation 1. Waktu itu ps merupakan gadget permainan yang sangat sangat populer tuh dikalangan anak anak seumuran saya, karena ada banyak sekali jenis permainan yang bisa kita coba saat itu.

Rental PS pun ada sangat banyak melebihi angka wartel saat itu 😀 ada yang tau wartel?

Sampai sekarang sudah ada playstation hingga seri 4. Playstation dengan optic blueray nya dan kualitas gambar yang sangat sangat bagus sekali.

Harga playstation 4 saat ini dimulai dengan harga 4 jutaan.

Nah beberapa hari lalu saya mendapatkan sebuah service an barang elektronik yaitu sebuah playstation 4 yang keluhan nya adalah mati total. Jadi cerita dari pemilik nya, playstation 4 itu rusak karena terjatuh dari ketinggian 1.5 meter saat dalam kondisi menyala sampai akhirnya tidak bisa dinyalakan lagi.

Pada saat saya mencoba nya ternyata play station 4 ini memang benar rusak tapi tidak mati total seperti yang di infokan oleh pemilik nya. Saat saya mencobanya, playstation ini menyala yang ditandai dengan menyalanya lampu indikator biru. tapi nyala itu hanya berselang 2 detik lalu kemudian mati lagi. Mati seperti mati mendadak.

Sebelum nya juga pernah ada kasus seperti ini pada playstation seri pendahulunya. ternyata memang sering terjadi kerusakan seperti ini pada playstation 3 dan 4. Banyak yang mengeluhkan kalau playstation mereka tidak menyala di forum forum internet.

Baca juga  TV Plasma Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

Oke.

Kita sudah tau playstation ini rusak karena terjatuh, berarti kerusakan nya lebih besar disebabkan karena getaran. Saya berpikir mungkin saja ada komponen yang lepas, atau yang paling sering terjadi (pada laptop) adalah retaknya solderan pada komponen smd (komponen menempel pada pcb) sehingga hubungan listrik menjadi tidak bagus.

Setelah saya bongkar ternyata mainboard playstation 4 ini mirip seperti mainboard laptop (bagian pendingin nya) karena ada penjepit prosesor yang terbaut ke sebuah plat pendingin.

Kalau dilihat secara keseluruhan, komponen paling besar dengan kaki komponen yang rentan rusak atau terlepas karena getaran adalah bagian APU atau sederhananya kita sebut saja prosesor. kalau komponen lain ukuran nya kecil kecil jadi saya abaikan. nah disini saya mencoba sebuah trik sederhana yang bisa diterapkan oleh kalian semua yang memang tidak memiliki peralatan yang cukup untuk melakukan perbaikan komponen semacam ini.

kita anggap saja kaki prosesor ini terlepas dari pcb karena renggang, maka dari itu tugas kita hanya merapatkan kembali kaki solderan yang terlepas tadi.

Setelah dilihat yang berfungsi untuk menekan prosesor adalah penjepit yang ada dibagian atas (ada baut 2 biji) dan kita bisa menguatkan jepitan itu dengan menambahkan spacer atau pengganjal baru antara baut dan plat mainboard nya.

Lalu silahkan dinyalakan kembali playstation 4 nya seperti yang saya lakukan pada video ini. dan playstation yang tadinya mati suri pun bisa menyala kembali dengan normal.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

TV Rusak Susah Menyala

Pernah ga kamu ngalamin pas mau nyalain TV rasa nya susah banget. Berkali kali kamu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.