Membuat Mp3 Player Sederhana

on
Categories: Layout, Mikrokontroller, Produk

Mp3 player adalah sebuah alat yang biasa kita gunakan untuk memutar sebuah file data yang biasanya lagu atau music dengan format .mp3. Beberapa tahun lalu saya pernah juga merakit sebuah mp3 player yang bisa kita gunakan iseng iseng. Mp3 player yang saya buat tersebut selain dapat memutar file mp3 juga dapat memutar suara dari radio, selain itu Mp3 player yang saya buat dulu itu juga bisa saya fungsikan sebagai remote tv yang bisa di pakai untuk semua merk tv seperti pada video dibawah ini. mp3 player tersebut saya buat dengan casing dan pcb yang menjadi satu mengapit sebuah battery 1000mAh yang pada waktu itu sanggup menyala hingga 2 hari penuh tanpa harus mengisi ulang battery. :D siapa yang mau dengerin lagu selama 2 hari ya hehehehe

Di youtube kamu bisa lihat beberapa video saya yang menampilkan bentuk bentuk mp3 player yang saya pernah buat. tinggal ketik mp3 player duwiarsana. Atau langsung aja berlangganan channel youtube duwiarsana, nanti kamu akan dapat info video video terbaru dari saya.

Nah membuat mp3 player sederhana bukan berarti mp3 player yang akan kita buat ini terdiri dari komponen yang sangat sederhana, tetap menggunakan komponen yang kelihatannya rumit namun terbilang sederhana untuk dapat kita rakit sendiri. Dibutuhkan skill solder menegah dan pemrograman yang masih pemula pun dapat membuat project ini. Perlu juga diperhatikan pada coding yang saya share dibawah ini kamu harus mendefinisikan pin mana saja yang akan dihubungkan dari mp3 dekoder ke mikrokontroller.

Project mp3 player sederhana ini akan kita buat dengan 2 buah mikrokontroller. yaitu :

  • Atmega328p
  • VS1053 (mp3 dekoder)
Baca juga  Membuat arduino Sendiri

[toggle title=”Layout” state=”close” ]

[/toggle]

[toggle title=”Schematic” state=”close” ]

[/toggle]

[toggle title=”Coding Arduino” state=”close” ]

#include 
#include 
#include 
#define BREAKOUT_RESET 8
#define BREAKOUT_CS 6
#define BREAKOUT_DCS 7

#define SHIELD_RESET -1
#define SHIELD_CS 7
#define SHIELD_DCS 6
#define CARDCS 9

#define DREQ 2
char a;
Adafruit_VS1053_FilePlayer musicPlayer =

Adafruit_VS1053_FilePlayer(BREAKOUT_RESET, BREAKOUT_CS, BREAKOUT_DCS, DREQ, CARDCS);

void setup() {
Serial.begin(9600);
if (! musicPlayer.begin()) {
musicPlayer.sineTest(0x44, 500);
while (1);
}

musicPlayer.sineTest(0x44, 500);
if (!SD.begin(CARDCS)) {

musicPlayer.sineTest(0x44, 500);
while (1);
}
musicPlayer.setVolume(20,20);

if (! musicPlayer.useInterrupt(VS1053_FILEPLAYER_PIN_INT))
Serial.println(F("DREQ pin is not an interrupt pin"));

musicPlayer.playFullFile("track001.mp3");
}

void loop() {

}

[/toggle]

Karena saya disini dalam pengolahan data mp3 nya menggunakan bantuan dari library adafruit kamu bisa download langsung library arduino untuk mp3 player tersebut disini :

Download Library.

Nah dengan dua ic utama itu kita nanti sudah bisa membaca file mp3 dari sebuah memory micro sd yang terhubung ke mp3 dekoder melalui level converter ic 4050. Sesuai skematik saya diatas tadi kamu bisa membuat ulang layout dari mp3 player sederhana saya ini. Menambahkan tombol kontrol mungkin dan juga terintegrasi dengan amplifier bila kamu ingin.

Dalam penerapan coding diatas tadi, sesuai dengan baris coding  :

musicPlayer.playFullFile("track001.mp3");

maka file yang akan diputar hanyalah file dengan nama track001 pada memory micro SD yang dipasang. untuk dapat memainkan file lainnya kamu bisa bermain dengan nama file tersebut atau buatkan tombol count up dan down untuk dapat mengubah file name yang akan dicari. Akan sangat efisien jika dalam pengembangan project ini seluruh file mp3 yang ada pada memory terlebih dahulu di list atau di daftar dlu sehingga kita dapat memilihnya satu persatu, dan tentunya hal tersebut harus dibantu dengan display seperti sebuah LCD.

Untuk dapat mengeluarkan suara yang cukup keras, pada jalur speadker kamu bisa menghubungkannya ke sebuah rangkaian penguat (amplifier audio) sehingga pada speaker akan terdengar suara yang lebih keras dari sebelumnya.

Layout yang saya tampilkan pada video ini adalah seperti digambar atas. IC mikrokontrollernya saya pakai tipe DIP sedangkan mp3 dekodernya saya pakai yang SMD. Nah kalau pada project ini hanya bisa memutar file mp3 saja, kamu juga bisa sebenarnya membuat yang bisa memainkan radio dengan menambahkan modul radio pada project ini tentunya.