Berita Terbaru

Membuat Penggaris Digital Arduino

Mau tau cara bikin penggaris digital dengan arduino?

Penggaris seperti kita tau adalah alat yang dipakai untuk mengukur jarak antara dua titik ukur. Atau sederhananya ya mengukur panjang benda lah. Penggaris paling sering banget kita pakai pas sekolah, mau itu dipakai untuk bikin garis, atau dipakai untuk membuat gambar berdasarkan ukuran, karena walau namanya “penggaris” pembuat garis, selalu ada angka sebagai ukuran di permukaan nya. Normalnya yang kita pakai di indonesia dengan satuan cm.

Alat yang lebih panjang lagi dari penggaris yaitu meteran 😀 karena panjang nya biasanya buat ngukur benda atau jarak yang ber meter meter panjang nya. Biasanya buat ngukur luas tanah, panjang lebar tanah, ngukur bidang kayu atau biasanya juga ngukur tinggi badan tuh :).

Sekarang, saya akan share project sederhana dengan arduino yang ada kaitannya juga dengan penggaris atau dunia ukur mengukur.

Project ini sebenarnya adalah pengembangan dari project sebelum nya disini. yaitu “membuat sensor parkir mobil berbicara“. Yang namanya sensor parkir tentunya akan ada kaitan nya juga dengan jarak atau pengukuran, karena kita perlu tau jarak ukur antara bagian belakang mobil dengan benda atau tembok dibelakang mobil. Coba kamu cek artikel nya, disana saya memproses jarak pembacaan jarak menggunakan sensor ultrasonic dengan output suara jika jarak yang telah ditentukan pada program terpenuhi atau melewati batas ketentuan.

Nah sekarang adalah pengembangan dari project tersebut. Sama sih seperti sensor parkir mobil itu. Tapi sekarang alat nya bisa berbicara menyebutnya berapa jarak yang dibaca sama alat itu. Ya kayak manusia gitu nyebutin “jarak dua centimeter”

Sistem kerja nya hampir mirip, yaitu membaca jarak dan menghasilkan angka lalu angka tersebut melewati proses algoritma untuk mengubah angka menjadi bilangan terbilang. seperti 123 dibaca “seratus dua puluh tiga” secara otomatis.

Baca juga  Kendali Listrik Berbasis Delphi

Apakah saya menyiapkan semua suara dari angka 0 sampai 9999?

tentunya tidak, karena sudah menggunakan algoritma konversi tadi kita hanya perlu menyiapkan file suara intinya saja sehingga kalau disebut berurutan akan terdengan seperti satu kesatuan suara yang menyebutkan nilai angka penuh.

Cek artikel :

Mesin antrian bersuara

Pemasangan komponen pada project ini juga terbilang sangat mudah, karena menggunakan mp3 shield dari duwiarsana.com kalian tinggal pasang dan hanya menghubungkan 2 buah kabel untuk keperluan sensor ultrasonic nya ke rangkaian ini seperti yang uda dijelaskan pada video.

Kamu bisa kembangkan untuk apa sih project ini?

project ini sebernarnya kamu bisa pakai untuk prakarya di sekolah atau kamu kembangkan untuk membantu tuna netra sehingga akan mendeteksi jarak benda yang ada disekitarnya dengan menyebutkan jarak nya sekaligus 🙂

Download project ini gratis coding nya yang saya buat dengan arduino disini

[sociallocker]

DOWNLOAD CODING ARDUINO

[/sociallocker]

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

skematik buka pintu sidik jari

Sidik Jari Untuk Kunci Membuka Pintu

Alat Membuka Pintu Dengan Sidik Jari ini adalah pengembangan dari alat sebelum nya dengan judul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.