Membuat Saklar SMS Arduino

on
Categories: Layout, Mikrokontroller, Produk

Saklar, kita tau fungsinya paling umum adalah untuk menyalakan lampu di rumah :D

Siapa yang belum tau hayoo.. anak kecil aja kalau kita suruh hidupin lampu dengan menekan saklar pun akan tau.

Ada banyak jenis saklar yang ada, mulai dari fungsi nya sampai dari segi bentuk nya. Dilihat fungsinya saklar yang ada di rumah tangga biasanya menggunakan jenis saklar tunggal.

Saklar tunggal itu yang satu saklar dapat menghidupkan satu atau beberapa bebean listrik secara bersamaan dalam satu jalur. Coba aja cek kamar kamu, lampu kamar kamu tentunya cuma bisa dinyalakan dari satu saklar aja kan? nah itu namanya saklar tunggal. lain misalnya kalau di dalam kamar itu terdiri dari dua jalur lampu yang berbeda dan dinyalakan juga dengan dua saklar, ini dibilang nya saklar ganda. Nah tapi kalau satu lampu dapat dimatikan dan dihidupkan oleh dua saklar secara bergantian dinamakan saklar tukar yaitu saklar yang menyalakan dan mematikan lampunya dapat saling bertukaran antara saklar satu dan saklar lainnya :)

Oke sekarang apa kita akan membuat saklar? :D dari tadi bahas saklar terus.

Ya kita akan membuat sebuah saklar yaitu saklar sms. Sebuah saklar yang dapat menghubungkan arus listrik (bukan menyalakan ya, jangan salah persepsi kalau udah dirangkai baru bisa menyalakan) dari sumber PLN ke beban listrik misalnya sebuah lampu. Lalu apakah saklar sms yang akan kita buat ini pengoprasian nya sama juga dengan cara ditekan? sesuai dengan namanya saklar ini dapat bekerja dengan perintah yang kita kirimkan melalui sms dari handphone kita ke alat yang dibuat.

Kok tambah ribet ya? apa ga lebih sederhana di pencet aja ? ribet lagi harus ngetik sms.

Baca juga  Belajar LED Berkedip Arduino

Untuk menggunaan lokal tentu saja sistem saklar sms ini akan terlihat ribet dan membuang waktu saja :D coba bayangkan kamu yang lagi berlibur keluar kota, keluar negeri tapi lampu rumah lupa kamu hidupkan saat itu? atau mungkin kamu yang punya kebun, tapi sedang tidak ada dikebun, padahal harus dilakukan penyiraman tanaman saat itu juga?

Tentunya masalah ini bisa kamu atasi dengan menghidupkan lampu tersebut dengan mengirim sms saja, atau masalah penyiraman kebun kamu bisa sms alat yang akan kita buat ini untuk menghidupkan pompa air penyiram tanaman nya. itu akan membantu kamu dalam kehidupan :)

Untuk contoh lainnya masih banyak yang serupa, saya hanya memberikan gambaran umum saja.

Nah apa saja bahan yang diperlukan dalam membuat alat saklar sms ini? saya katakan sangatlah sederhana. Untuk kamu yang sudah bergelut di dunia elektro, kamu hanyalah perlu sebuah minimum sistem mikrokontroler (saya pakai atmega328), lalu modul GSM, dan juga modul Relay. Hanya 3 produk itu saja kalian udah bisa membuat alat seperti yang saya ceritakan tadi. Ketiga alat tersebut dapat digunakan untuk kalian yang baru mengenal elektronika mikrokontroler, kenapa begitu? karena hanya dengan menghubungkan ketiga alat itu kalian udah ga perlu ribet lagi masalah solder menyolder komponen, hanya perlu memprogram nya saja.

Tapi dari video yang saya buat skematik alat tersebut dapat kalian lihat sendiri, terdiri dari komponen dasar yang sangat mudah dicari di pasaran. Dan kalau masalah harga mungkin yang paling mahal adalah modul gsm nya sendiri, karena alat itu memiliki peran penting yaitu menyediakan komunikasi sms pada project ini.

[ads1]

Nah Bisa dilihat kan, yang dipakai hanya kebanyakan komponen pendukung dari sebuah minimum sistem mikrokontroler saja.

Baca juga  Membuat Tv dari LCD Laptop

Lalu bagaimana dia bisa mendeteksi bahwa sms yang masuk sesuai dengan perintah yang telah kita tentukan? jelas untuk menyalakan sebuah saklar sms yang di bantu fungsinya oleh sebuah relay?

Coba perhatikan penggalan coding dibawah ini :

if(!strcmp(smsbuffer,"relay1on")){
digitalWrite(relay1,HIGH);
sms.SendSMS(n,"Relay 1 Telah Aktif");
}

Disana bisa kita cek bahwa terjadi pengecekan isi sms, jika didalam nya ada kata relay1on maka yang dilakukan oleh alat ini adalah menghidupkan relay 1 dan sekaligus mengirimkan sms balik ke nomor terakhir tadi (disimpan pada variable n) dengan pesan “Relay 1 Telah Aktif”. Gampang kan? kok bisa semudah ini? ya karena kita sudah pakai libraryyang memang dibuat khusus untuk komunikasi sms dari modul GSM dengan mikrokontroler.

Lalu jika tanpa library tersebut apakah kita bisa juga mengirimkan sms dan menerima sms? tentunya bisa, kalian tinggal gunakan saja printah AT atau yang sering disebut AT Command ke modul gsm nya sesuai dengan perintah yang diperlukan.

Download deh skematik dan full coding nya dibawah ini.

[sociallocker]

[button color=”red” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/oh4yp7s27ewaap3/3%20saklar%20sms.sch?dl=0″ icon=”” target=”true”]SKEMATIK EAGLE[/button]

[button color=”red” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/169oioyl4zg10tq/GSMSHIELD.rar?dl=0″ icon=”” target=”false”]LIBRARY ARDUINO[/button]

[button color=”red” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/p3ou270a0ib4hjf/_3_saklar_sms_normal.ino?dl=0″ icon=”” target=”false”]CODING FULL ARDUINO[/button]

[/sociallocker]