Hai, lama uda ga mainan sama modul MP3 Shield dari duwiarsana.com. Sebuah modul yang kamu bisa pakai untuk memutar file suara mp3 yang dapat dikendalikan dengan mikrokontroler seperti salah satunya adalah arduino.

Beberapa judul artikel yang uda lewat saya pernah membuat project arduino memakai mp3 shield duwiarsana.com dan bekerja dengan sangat baik. yaitu mesin antrian sederhana yang bisa menyebutkan nomor antrian sesuai dengan angka yang ditampilkan pada layar LED matrix. Disana saya menggunakan algoritma untuk mengubah angka integer yang sudah tersimpan pada sebuah variabel penampung untuk dapat disebutkan menjadi bilangan terbilang yang mengaktifkan mp3 player memutar file sesuai dengan bilangan terbilang tersebut.

Nah kalau project yang akan saya share disini tidak jauh beda dengan yang lalu hanya saja lebih sederhana, karena tidak ada bilangan terbilang dengan algoritma yang cukup rumit untuk yang baru memulai.

Kita akan membuat sensor parkir mobil yang dapat berbicara.

Ada banyak sebenarnya sensor parkir mobil yang dijual di bengkel variasi, namun kebanyakan yang harganya murah hanya akan menampilkan atau memberikan nada tiit.. dengan durasi tertentu sesuai dengan jarak bumper mobil belakang dengan tenmbok. Hal itu sebagai tanda seberapa dekat mobil dengan tembok dibelakang nya.

Tidak sedikit juga ada sensor parkir yang sudah dilengkapi dengan camera dan monitor sehingga pengemudi dapat memantau secara visual keadaan dibelakang mobil tanpa harus melihat spion ataubahkan turun dari mobil. Dan untuk beberapa mobil canggih bahkan dapat menyebutkan berapa jarak tembok dengan mobil dan juga dapat mengasisten kita untuk melakukan parkir manual atau full otomatis dari mobil itu sendiri. Wow.

Jadi yang mana akan kita buat? Kita akan buat yang tengah tengah saja. ada alarm parkir tapi bisa ngomong juga.

Baca juga  Belajar membuat thermometer seven segment

Untuk dapat membuat project ini apa saja peralatan minimal yang harus kamu miliki? beberapa alat itu adalah :

  • Arduino uno (mau bajakan atau asli sama aja)
  • Mp3 Shield duwiarsana.com
  • Sensor Ultrasonic (dalam kasus ini pakai HC-SR04)
  • Beberapa kabel penghubung
  • Papan Breadboard

Nah setelah kamu punya semua komponen itu tentunya kamu harus merangkai semua nya pada papan breadboard dengan kabel jumper. Konfigurasi untuk koding arduino nya adalah :

  • Pin Trigger sensor ke pin A0 Arduino / digital 14
  • Pin Echo Sensor ke pin A1 Arduino / digital 15

[products ids=”3255, 3275″]

[ads1]

Cuma itu aja yang penting 😀 sederhana kan? tapi ya uda pasti ingat vcc sama gnd harus dipasang juga, kalo ga gitu nanti sensor nya ga nyala :D.

Selain itu karena kita akan bermain dengan suara, tentunya kamu sendiri harus punya file suara yang akan dipakai dalam project ini bukan? tenang aja, kamu bisa download semua file project gratis disini. Simpan semua file suara yang digunakan pada sebuan memory micro SD card dan pasang ke mp3 shield nya. Lalu upload coding yang uda dikasi di artikel ini ke arduino kamu. Ingat library harus di instal dulu ya di folder library arduino kamu biar koding nya ga error saat di upload.

Setelah itu coba deh kamu lihat di serial monitor dan dengar suaranya. Jarak mulai terbaca dan juga suara mulai dimainkan sesuai dengan koding yang sudah saya praktekkan di video ini.

Kok bisa sensor ultrasonik nya membaca jarak ya? Sistem kerjanya seperti pendengaran kelelawar yang bisa terbang ga nabrak walaupun gelap. dia mengkalkulasi jarak dengan membaca berapa waktu yang diperlukan suara untuk memantulkan balik nada yang telah dipancarkan sehingga dengan berdasarkan kecepatan suara didapatkanlah jarak dari sumber suara ke tembok pemantulnya.

Baca juga  Membuat Saklar Suara Berbasis Arduino

silahkan tonton video nya dan download file project nya gratis.

[sociallocker id=2480]

[button color=”orange” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/f3xjzon13ezx15d/sensor_parkir.ino?dl=0″ icon=”” target=”false”]CODING ARDUINO[/button]

[button color=”pink” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/90teakt1iwp08rx/LIBRARY%20ARDUINO.zip?dl=0″ icon=”” target=”false”]LIBRARY ARDUINO[/button]

[button color=”orange” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/rvklrexzjm0jhjx/FILE%20SUARA.zip?dl=0″ icon=”” target=”false”]FILE SUARA MP3[/button]

[/sociallocker]

Membuat Sensor Parkir Mobil Berbicara

6 gagasan untuk “Membuat Sensor Parkir Mobil Berbicara

  • 22 Maret 2016 pukul 19.50
    Permalink

    Bang klo misal dipasang 3 sensor jarak pake arduino uno jd g?

    Balas
  • 10 Agustus 2016 pukul 03.09
    Permalink

    tanya om kalo tegangan input arduino dari aki mobil itu bisa ngerusak arduino ga sih?
    karena yg sya baca2 tegangan input itu dari 7/12v.aki sih 12v tp karena hasil googling ada yg blg misal :
    12v 700 mAh. kalo ga salah yg masalahya sya ga tau aki mobil itu brp mAh

    makasih

    Balas
    • 13 Agustus 2016 pukul 23.00
      Permalink

      input arduino bisa brapa aja dari 6v sampai 15v saya uda coba, kenapa bisa berapa aja? karena di arduino sudah ada regulator. berapapun masuknya 6-15v keluaran ke arduino ppasti 5v

      Balas
  • 12 April 2019 pukul 21.58
    Permalink

    bs pesa gk mas…pgn parkir mundur nadany:MuNDUR cantik mundur cantik..serius ni mas..

    Balas

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.