Membuat Thermometer Delphi

on
Categories: Mikrokontroller, Produk, Software

Nah pada kesempatan kali ini mari kita belajar membuat program pada delphi untuk menampilkan suhu di layar monitor dengan aplikasi yang kita akan buat sendiri.

Aplikasi yang akan dibuat sekarang adalah thermometer sederhana menggunakan delphi, yang dimana suhu thermometer nya didapat dari mikrokontroler arduino yang tentunya sudah terpasang sensor suhu serta diprogram untuk membaca sensor suhu tersebut pastinya. Nah bagaimana caranya nilai sensor suhu yang dibaca oleh mikrokontroler tersebut dapat tampil di aplikasi desktop yang dibuat dengan software delphi? Mari kita bahas.

Pertama tama untuk kamu bisa membuat project ini tentunya kamu harus punya sebuah mikrokontroler yang sudah ada komunikasi serial nya (USB Serial) yaitu eng ing eng… salah satunya arduino.. Horeee..

[button color=”red” size=”medium” link=”http://toko.duwiarsana.com/arduino-uno-clone” icon=”” target=”true”]Beli arduino disini aja[/button]

Kenapa harus ada komunikasi serial nya? nah komunikasi serial dengan interface USB (kabel usb) ini sangat kita perlukan agar si arduino atau mikrokontroler yang membaca data sensor suhu tersebut dapat mengirimkan data suhu ke aplikasi desktop yang sudah kita buat atau kamu download dari sini tentunya.

Agar pengiriman data dari mikrokontroler ke aplikasi desktop dapat berjalan dengan lancar ada beberapa syarat sederhana yang perlu kita ketahui yaitu, kecepatan transfer data yang harus sama yang biasanya disebut dengan baud rate serta port serial yang digunakan (COM) kamu harus tau dulu biar komunikasinya ga salah alamat :D

nah setelah itu baru deh kita program dulu tuh si arduino dengan coding membaca sensor suhu. perlu diketahui, sensor suhu yang akan digunakan dalam project ini adalah tipe LM35DT yang mana sensor ini memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Calibrated directly in ˚ Celsius (Centigrade)
  • Linear + 10.0 mV/˚C scale factor
  • 0.5˚C accuracy guaranteeable (at +25˚C)
  • Rated for full −55˚ to +150˚C range
  • Suitable for remote applications
  • Low cost due to wafer-level trimming
  • Operates from 4 to 30 volts
  • Less than 60 µA current drain
  • Low self-heating, 0.08˚C in still air
  • Nonlinearity only ±1⁄4˚C typical
  • Low impedance output, 0.1 Ω for 1 mA load
Baca juga  Panel Led Matrix Gratis

Nah dari data tersebut bisa kita ambil kesimpulan bahwa setiap 1 derajat celcius yang dibaca oleh sensor suhu maka dia akan mengeluarkan tegangan bertambah sebesar 10mV. berdasarkan data ini kita sudah bisa bikin rumus di mikrokontroler nih biar keluarannya mau tampil derajat celcius dari tegangan yang keluar ini.

[button color=”green” size=”medium” link=”http://toko.duwiarsana.com/LM35″ icon=”” target=”true”]Beli Sensor Suhu LM35[/button]

Lanjut ke halaman berikutnya untuk koding mikrokontroler.