Berita Terbaru

Mikrokontroler Sidik Jari SMS

Kembali lagi dengan project mikrokontroler yang ada kaitannya dengan sidik jari. Menyambung dari pembahasan artikel sebelum nya yaitu project mikrokontroler sidik jari sederhana, sekarang ini adalah sedikit pengembangan dari project sebelumnya tersebut.
Pada artikel sebelumnya sudah kita praktekkan bagaimana sebuah sensor sidik jari mampu mendeteksi sidik jari yang benar dan mana sidik jari yang salah. Sidik jari yang benar dalam pembahasan tersebut kita gunakan untuk membuka pintu ataupun menyalakan lampu. Sedangkan untuk jari yang salah tidak melakukan apa apa.
Nah seperti janji saya pada video yang pertama yaitu menambahkan mode sms yang akan berfungsi untuk memberitaukan pengguna jika ada orang yang mencoba membuka pintu dengan sidik jari mereka yang salah. Coding sebelumnya tentu kamu masih bisa gunakan, silahkan kalau kamu belum baca artikel sebelum nya bisa klik tombol dibawah untuk masuk ke artikel sebelumnya.

Project Mikrokontroler Sidik Jari

Silahkan juga download coding yang lama dan perhatikan pada bagian file finger.ino disana kita akan menambahkan baris coding yang berfungsi untuk memerintahkan modul GSM yang terpasang untuk dapat mengirimkan sms saat terjadi kondisi dimana sidik jari yang dipasangkan adalah bukan sidik jari yang benar.
Perintah tersebut berupa format AT COMMAND yang diawal harus kita kirimkan adalah memerintahkan modul GSM untuk bekerja pada mode text biasa dalam mengirimkan pesan sms. Coding untuk mengubah mode pesan adalah :

Serial.print("AT+CMGF=1\r");

Nah sesudah itu kamu perlu mengirimkan perintah kirim sms disertai dengan nomor tujuan sms dan juga pesan sms yang akan dikirimkan. Untuk menutup pesan serta mengirimkannya diperlukan sebuah karakter ASCII dengan code 26 yaitu kombinasi antara CTRL+Z agar pesan dapat terkirim melalui modul GSM. Untuk coding lengkapnya kamu bisa lihat dibawah ini.

Serial.print("AT+CMGF=1\r");
delay(100);
Serial.println("AT + CMGS = \"08970869443\"");
delay(100);
Serial.println("Ada yang mencoba membuka brankas!!");
delay(100);
Serial.println((char)26);
delay(100);

Baca juga  Gratis Merakit Led Matrix Display

Nah selain menambahkan atau menyisipkan koding sms tadi kamu juga perlu menambah coding pada file utama yaitu menambahkan fungsi untuk komunikasi serial. Komunikasi serial yang digunakan pada project ini adalah hardware serial yang artinya kita akan menggunakan port serial yang sudah ada pada hardware mikrokontroler yaitu pin 0 dan 1 kalau di arduino.
Coding lengkap untuk project sms mikrokontroler sudah pasti kamu bisa download juga disini secara gratis 😀 tis tiss.. dibawah ini. Kalau kamu mau lihat hasilnya kamu bisa nonton bentar video yang sudah saya siapkan dibawah ini.

[sociallocker]

Download Coding Kumplit

[/sociallocker]

 

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Menyalakan Sepeda Motor Dengan Sidik Jari

Pada artikel ini, yaitu “Menyalakan Sepeda Motor Dengan Sidik Jari” Kita akan belajar bagaimana memprogram …

2 komentar

  1. mas… itu finger.ino di upload ga ke arduinonya??
    sy masih error sms nya mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.