Project Mikrokontroler Sidik Jari Sederhana

on
Categories: Layout, Mikrokontroller, Produk, Tutorial

Sebenarnya project mikrokontroler sidik jari yang saya tulis disini agak sedikit menjadi kemunduran dari artikel serupa yang pernah saya tulis sebelum nya. Apalagi kalau artikel tentang mikrokontroler sidik jari sebelumnya saya buat lengkap dengan koding siap download. Judul artikel nya SISTEM KEAMANAN PASSWORD SIDIK JARI. Coba deh kamu lihat dan tonton videonya, disana uda dijelaskan project tersebut keren dengan double keamanan yaitu keypad password kombinasi 6 digit angka ditambah dengan verifikasi sidik jari yang sudah direkam sebelumnya.

Nah kalau disini saya akan mencoba memecah project sidik jari menjadi beberapa bagian project yang menarik. Salah satunya ya project mikrokontroler sidik jari sederhana ini nih. Kenapa saya katakan sederhana, karena bisa dibilang papan pcb yang digunakan disini adalah sebuah minimum sistem biasa yang dilengkapi dengan led dan relay saja kok.

Project ini saat diawal menyalakan mengharuskan kamu menempelkan jari ke sensor untuk direkam sidik jarinya (hanya pertama kali alat ini menyala setelah upload coding) dan seterusnya sidik jari tersebut akan digunakan sampai kondisi tertentu untuk mereset sidik jari sebelumnya (ada di artikel selanjutnya).

Kalau sidik jari yang ditempelkan ternyata benar maka buzer akan berbunyi 3 x dan ditambah dengan led dan relay yang menyala selama 5 detik setelah itu mati. lama durasi nyala led atau relay ini kamu bisa ubah pada bagian coding delay nya. atau jika kamu ingin menggunakan project ini untuk menyalakan lampu (on terus) kamu tinggal hapus aja tuh coding untuk matiin nya.

Coba perhatikan skematik yanga ada diatas, untuk regulator gunakan 7805 ya, yang di skematik itu ada keliru. dan header yang ada tulisan ke

Baca juga  Cara Cepat Bootloader Arduino