Berita Terbaru
Beranda » Service » Memperbaiki Layar Monitor Bergaris

Memperbaiki Layar Monitor Bergaris

Kita tau monitor adalah perangkat yang biasanya dipakai untuk menampilkan gambar atau display pada sebuah komputer. Tapi tidak sedikit juga orang orang menggunakan monitor untuk menampilkan gambar dari perangkat CCTV.

Monitor berbeda dengan TV. Monitor tidak memiliki tuner untuk menangkap siaran TV seperti TV pada umumnya. Namun TV dapat difungsikan seperti monitor.

Terkadang juga kalau monitor kita belikan alat yang namanya TV tuner kita bisa mengubah sebuah monitor menjadi sebuah TV.

Nah untuk kalian yang bekerja dengan komputer, tentunya layar monitor untuk komputer kalian sudah bukan layar tabung lagi dong ya? Tapi sudah layar LCD atau mungkin LED.

Nah kerusakan yang paling sering terjadi pada layar monitor, kalau tidak mati total alias ga mau menyala, pasti layar nya bergaris.

Kalau kerusakan mati total masih mendingan karena, ya kita tau uda ga bisa dipakai karena mati. Tapi kalau rusaknya bergaris di layar? nanggung banget. Mau dipakai layar nya ketutupan garis… ga dipakai tapi monitor nya masih bisa menyala 😀 serba salah.

Disini saya mau share bahwa kalau kita punya monitor yang rusaknya bergaris di layar, kadang kadang bisa kita benerin sendiri lho. Seperti yang saya alami sekarang. Layar nya bergaris cukup parah seperti pada foto.

Layar monitor bergaris

Seperti yang kalian lihat, layar nya bergaris cukup parah sehingga merusak gambar asli yang ditampilkan di monitor.

Kalau kalian ingat perbaikan tv yang saya lakukan dengan kerusakan bergaris di youtube saya. Cara itu bisa diterapkan, hanya saja sekarang tidak bisa kita menggunakan isolasi seperti di video disini.

Isolasi tidak bisa diterapkan di monitor karena flexyble monitor yang hanya ada satu. Pilihan untuk memperbaikinya hanya potong jalur yang rusak (untuk mengganti teknik tutup isolasi), Tapi cara ini cukup beresiko karena jika salah potong kita harus menyambung jalur yang dipotong itu. Dan itu sangat susah 😀

Baca juga  Layout Transfer Paper

Cara lain nya adalah dengan melepas beberapa resisitor penghubung jalur ke layar LCD. Resistor penghubung ini sama saja dengan jalur flexyble pemisah yang ada di layar LCD TV, dimana pada video tersebut saya tutupi jalur yang rusak dengan isolasi. Nah disini kita akan melepas resistor ke panel yang rusak untuk memisahkan jalur nya.

Resistor jalur ke panel lcd

Resistor yang berkumpul dengan jumlah banyak ini biasanya ada di kanan dan kiri dari PCB yang ada di layar LCD.

Nah karena kita ga tau layar kanan atau kiri yang rusak, maka kita akan coba coba untuk bergiliran melepas resistor ini sambil melihat ke layar apakah layarnya sudah normal atau tidak. Cara ini sama seperti saya mencoba coba menempelkan isolasi pada bagian kanan atau kiri dari flexyble LCD TV.

Kalian ga harus melepas secara utuh resisitor tersebut, tapi cukup menggesernya dan meletakkan nya dipinggir karena siapa tau nanti kita masih memerlukan nya kalau seandainya kita salah copot.

Kalau nanti resistor yang kalian copot ternyata benar, maka tampilan layar lcd akan menjadi normal kembali. Tapi kalau salah, kerusakan nya masih akan muncul seperti di awal.

Monitor normal kembali

Kerusakan seperti ini hanya akan bisa diperbaiki dengan cara yang sudah saya jelaskan jika memiliki ciri ciri yang saya jelaskan pada video. Sedikit saja perbedaan maka akan perlu penanganan yang berbeda. Jadi kita harus pintar pintar melakukan troubleshooting dalam perbaikan perangkat elektronika.

Cek video nya disini

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Memperbaiki Speaker Bluetooth Mati Total

Jaman sekarang sudah jaman nya speaker aktif bluetooth. Udah ga jaman lagi speaker dengan aplifier …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.