Berita Terbaru
Beranda » Service » Memperbaiki TV Tidak Menyimpan Siaran

Memperbaiki TV Tidak Menyimpan Siaran

Pernahkah kalian mengalami pas mau menonton TV ternyata siaran di TV semuanya menghilang?

Padahal sebelum nya TV kalian lengkap berisi channel siaran TV. Namun sekarang kalian cari semua nomor channel, siaran tersebut menghilang.

Tenang, kan bisa kita searching lagi di menu TV nya.

Dengan menggunakan auto search kita bisa mencari kembali siaran tv yang hilang tersebut. Tapi pernah ga kalian ngalamin, pas searching atau mencari siaran semuanya bisa ketangkep tapi semua siaran tersebut ga bisa disimpan di TV nya? Jadi berapa kalipun kita seraching dan dapet siaran, tapi ga mau disimpan siaran yang kita cari tadi?

Kerusakan seperti ini memang kadang bisa muncul di TV LCD atau LED jaman sekarang. Kalau kita yang baru kenal rangkaian elektronika mungkin akan berfikiran kalau tunner nya rusak. Tuner adalah komponen yang ada pada TV yang berfungsi untuk menangkap siaran TV untuk selanjutnya di olah secara digital pada komponen lainnya.

Sebenarnya tidak mau menyimpan nya siaran TV tersebut bukan kerusakan dari tunner nya. melainkan ada pada memori EEPROM nya. EEPROM ini terletak pada mainboard TV dan membaur dengan komponen TV lainnya.

Letak IC EEPROM

EEPROM adalah sebuah IC yang berfungsi sebagai media penyimpanan baik itu setingan TV, firmware, hingga data siaran TV yang tersimpan. Jika ini rusak, atau paling tidak hanya bermasalah di sedikit file data nya saja, maka fungsi televisi akan terganggu. Seperti contohnya TV tidak mau menyala, suara hilang, gambar warna nya berubah atau tidak mau menyimpan siaran seperti yang akan saya bahas disini.

Cara Memperbaiki

Untuk memperbaiki kerusakan TV yang tidak mau menyimpan siaran tersebut sebenarnya tergolong cukup mudah. Kita hanya perlu menginstal ulang firmware yang baru ke IC EEPROM tersebut. Proses ini hampir serupa dengan kita menginstal ulang sebuah komputer yang sistem operasinya bermasalah. Bedanya adalah ukuran file nya tidak sampai ber Giga Giga, tapi hanya Mb saja. Cara menginstal nya pun sangat berbeda.

Baca juga  Modifikasi LCD Laptop ke LCD Komputer

Untuk dapat menginstal ulang firmware TV kalian perlu sebuah alat yang dinamakan USB programmer. alat ini yang nantinya akan menyuntikkan firmware baru dan sehat ke IC EEPROM nya melalui sebuah kabel penjepit.

USB PROGRAMMER

Untuk yang mau pesan alat program ini bisa menghubungi WA di nomor 085739786669

Selain menggunakan USB programmer sebagai alat untuk menyuntikkan firmware ke IC EEPROM, kita juga perlu software untuk memasukkan file firmware nya ke EEPROM.

Software USB PROGRAMMER

Atau kalian bisa download software nya pada tombol download berikut ini.

Selain menyiapkan software dan hardware nya, kita juga harus menyiapkan file firmware nya dengan mendownload nya di internet sesuai dengan tipe TV yang akan kita perbaiki. Berbeda tipe atau model TV satu huruf saja akan membuat TV mu tidak bisa menyala. Jadi firmware yang akan kita masukkan ke EEPROM harus benar benar sama tipe nya.

Kalian tinggal menjepin IC EEPROM nya, lalu klik detect pada software nya. Maka tipe IC EEPROM yang digunakan akan langsung terdeteksi secara otomatis. Lalu open file firmware nya dan klik tombol auto. lalu proses upload akan berlangsung dalam beberapa menit. Jika tidak ada muncul pesan error pada persentase loading ke 100 maka proses instalasi atau upload firmware tadi telah sukses dilakukan. Sekarang lakukan pencarian siaran ulang maka dijamin siaran akan bisa tersimpan kembali.

Kalau kalian aga bingung dengan yang saya jelaskan, kalian juga bisa menonton video VLOG nya agar lebih jelas lagi disini.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Membuat Tempat Sampah Pintar Berbicara

Sudah lama sekali saya ga bikin project tentang mikrokontroler arduino atau panjerino. Sekarang saya mau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.