Berita Terbaru
Beranda » Service » Memperbaiki PS4 Rusak Mati Total

Memperbaiki PS4 Rusak Mati Total

Playstation atau yang sering disebut dengan singkatan PS adalah sebuah konsol game yang sangat populer di kalangan pecinta game.

Saya sendiri mengenal playstation sudah mulai dari saya SD, mulai dari playstation 1 dan juga playstation one.

Hingga saat ini sudah ada banyak game playstation yang dibuat. Banyak nya jenis game yang ada membuat kita senang dan tidak bosan untuk memainkan playstation.

Sampai saat ini sudah hampir diluncurkan nya playstation 5 atau PS5. Grafik atau kualitas gambar yang ditawarkan pun akan sangat jauh dari pendahulu pendahulu nya.

Sewaktu diluncurkannya playstation 1, bagi saya pada saat itu adalah perangkat game yang sangat sangat bagus dengan gambar yang 3 dimensi itu.

Tapi sekarang itu keliatan jadul banget 😀

Harga playstation pun sekarang sudah mulai meningkat seiring dengan kecanggihan teknologi yang dipakai. Terakhir teman saya membeli sebuah playstation 4 dengan harga 4.5 juta.

Dengan harga yang lumayan tersebut tentunya akan sangat sayang sekali jika PS yang kita beli rusak. Apalagi seandainya rusaknya saat beberapa bulan setelah kita membeli nya.

Saya ada pengalaman dari seseorang yang memiliki sebuah playstation 4 yang sudah rusak mati total, padahal pembelian nya tergolong baru.

Saya pun langsung ingin cepat cepat membongkar PS itu karena penasaran seperti apa sih daleman nya. Abis belum pernah bongkar sih 😀

Playstation 4

Setelah melihat isi daleman nya tentunya bagian yang pertama harus kita cek adalah di bagian power supply. Kenapa harus di bagian power supply? Itu karena kerusakan yang kita hadapi adalah mati total. Jadi penyebab utama dan umum dari mati total itu adalah tidak adanya tegangan yang menyuplai mainboard. Dan tegangan tersebut dihasilkan oleh rangkaian power supply.

Baca juga  TV LED Gambar Hilang Sebagian

Setelah melakukan pengukuran dibagian output power supply menuju mainboard, ternyata benar saja. Tegangan 12V pada power supply tidak ada sama sekali. Jadi power supply nya mati? Langsung diganti saja?

Nanti dulu.

Sebelum main ganti atau melakukan pengukuran lebih lanjut saya menyarankan dan sudah pasti melakukan penyuntikan tegangan yang diperlukan ke mainboard playstation nya.

Ini bertujuan untuk memastikan apakah mainboard nya masih berfungsi atau tidak.

Suntik tegangan 12V

Power supply yang saya gunakan untuk menyuntik atau memberikan tegangan adalah power supply variable yang biasa saya gunakan untuk melakukan service seperti biasanya.

Setelah saya menyuntik tegangan 12V yang hilang, dan menekan tombol power pada playstation 4 nya. Playstation 4 ini pun menyala dengan normal seperti menyala dengan power supply aslinya.

Ini menandakan bahwa yang rusak benar benar hanya bagian power supply nya saja. Dan kita siap untuk memperbaiki module power supply itu ataupun langsung menggantinya dengan module power supply yang baru.

Cara ini pun sering saya terapkan dalam perbaikan televisi. Dimana sebelum mevonis mainboard rusak saya melakukan suntik tegangan di beberapa titik utama untuk memastikan bahwa mainboard nya masih berfungsi. Cara ini juga menunjukkan bahwa artinya kita bisa menggantikan rangkaian power supply asli suatu peralatan elektronika dengan power supply lain asalkan dengan rate tegangan yang sama.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Memperbaiki Speaker Bluetooth Mati Total

Jaman sekarang sudah jaman nya speaker aktif bluetooth. Udah ga jaman lagi speaker dengan aplifier …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.