Bagi kalian pengguna TV LED ataupun LCD, beberapa dari kalian pasti saja pernah mengalami masalah yaitu layar TV kalian mengelupas.

Ini biasanya terjadi pada pengguna TV lama, TV LCD pada khusus nya.

Sebenarnya apa sih yang mengelupas itu? Apakah benar benar layar nya yang mengelupas?

Sebelum mulai membahas itu saya akan jelaskan perbedaan TV LCD dan LED terlebih dahulu.

TV LCD sebenarnya sangat mirip dengan TV LED. Perbedaan nya terletak pada lampu belakang layar yang menyinari layar kaca atau LCD nya.

Kalau TV LCD bagian belakang layar nya diterangi oleh lampu fluorescent, atau sering kita sebut dengan lampu neon (padahal bukan neon). Sedangkan TV LED bagian belakang layar nya diterangi dengan lampu LED. Nah perbedaan dari lampu fluorescent dan lampu LED adalah dari sisi pembuangan panas nya. TV LCD akan sangat cepat sekali layar nya panas karena lampu fluorescent lebih banyak menghasilkan panas dari pada lampu LED. Itu sebabnya layar yang mengelupas lebih sering terjadi pada TV LCD.

Jenis lampu pada TV LCD

Lalu apakah benar benar layar nya yang mengelupas?

Yang mengelupas itu sebenarnya bukan layar LCD nya secara langsung, melainkan lapisan layar LCD yang bernama polarizer.

Polarizer adalah sebuah lapisan LCD yang berfungsi untuk meneruskan sekaligus mengatur cahaya yang terpolarisasi yang melewatinya sehingga setelah melewati polarizer kita akan melihat warna warna pada layar TV, Namun jika tidak terpasang polarizer layar TV akan nampak potih polos saja tanpa gambar.

Polarizer yang mengelupas

Lapisan polarizer ini mengelupas akibat dari panas pada bagian LCD yang berlebih. Panas ini didapat dari lampu fluorescent tadi. Sehingga lapisan polarizer nya menjadi mudah mengelupas.

Baca juga  TV Plasma Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

Jika kalian mengalami kejadian ini, kalian cuma perlu menggantinya dengan lapisan polarizer yang baru. Namun sebelum itu kalian harus benar benar membersihkan lapisan polarizer yang rusak di layar LCD.

Saya biasa membersihkan bekas sisa polarizer tersebut dengan mengeruknya menggunakan pisau cutter yang baru. Teknik ini sama dengan teknik kita membersihkan sticker yang menempel pada kaca, karena polarizer berjenis seperti sticker biasa yang terdapat sifat polarisasi nya.

Mengupas lapisan polarizer

Banyak yang salah mengartikan kalau polarizer yang mengelupas itu bisa digantikan dengan sticker riben yang dijual di pinggir jalan. Itu sangat berbeda jauh 😀

Dimana bisa mendapatkan polarizer untuk TV ini?

Kalian bisa mencoba mengetik di google dengan kata kunci “jual polarizer lcd” pasti banyak penjual online yang menawarkan berbagai ukuran polarizer.

Nah untuk pemasangan polarizer nya bagaimana?

Pemasangan polarizer tergolong cukup mudah, karena pemasangan nya sangat mirip dengan pemasangan sticker riben pada kaca kendaraan. Saya biasanya menggunakan bantuan air sabun untuk mempermudah pemasangan polarizer. atau kalian bisa melihat proses pemasangan dan penggantian polarizer kami pada video VLOG yang sudah saya buat ini.

 15,321 total views

Layar TV Mengelupas (polarizer)

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.