Sekarang saya mau share cerita tentang kegiatan saya dan dodok memperbaiki TV curve dengan merk SAMSUNG.

Ukuran TV curve Samsung ini cukup besar yaitu 55″ dan ini adalah smart TV. Sehingga kalau kita lihat harga TV nya itu masih diatas 15 juta rupiah.

Coba aja kalian bayangin punya TV dengan harga diatas 15 juta trus rusak dan kalau benerin di bengkel resmi nya kena biaya yang hampir menyentuh harga TV baru nya? Ya kesel banget lah 😀

TV mahal mahal kok rusak cepet banget.

Sebenarnya kalau masalah rusak nya cepet atau lambat itu ada banyak faktor sih, salah satunya adalah faktor pengguna juga 😀 . Tapi ga sedikit juga ada faktor cacat pabrik nya, karena pernah saya ngalamin satu tipe TV itu rusak nya selalu sama.

[ads1]

Oke kalau TV Curve samsung yang saya punya ini rusaknya adalah standby, yang artinya lapu power pada TV itu bisa menyala hanya saja kalau di tekan TV nya tidak mau on sampai menyalakan layar. Hanya sampai di lampu indikator saja.

Ini artinya tegangan yang dihasilkan oleh power supply itu ada, sampai bisa menyalakan lampu power nya.

Kalian bisa mengetes apakah power supply ini normal atau tidak sekaligus menguji backlight bekerja dengan normal atau tidak sekaligus dengan cara yang sangat sederhana. Cara nya yaitu dengan melepas kabel power ke mainboard lalu menyalakan power supply nya.

Kabel power ke mainboard dilepas.

Jika power supply nya normal, maka backlight akan menyala walaupun mainboard belum kita pasang. Tapi kalau tidak menyala atau menyala hanya sebentar artinya backlight rusak, atau power supply backlight bermasalah.

Baca juga  Belajar Las Pipa AC / Kulkas

Seperti yang saya alami disini, karena lampu power menyala dan begitu mainboard di cabut backlight nya hanya menyala berkedip. Ini artinya kerusakan ada pada bagian power supply backlight nya. Dan di bagian primer dari power supply tidak rusak sama sekali.

Kita bisa lakukan pengukuran di semua dioda penyearah bagian driver backlight untuk memastikan tidak adanya short komponen.

Tapi setelah dilakukan pengecekan, didapati sebuah mosfet yang mengendalikan trafo stepup untuk rangkaian backlight rusak salah satunya. Dan inilah yang menyebabkan backlight hanya menyala sebentar saja.

Rusaknya mosfet pada rangkaian stepup tegangan backlight di tv curve samsung ini bisa kita ketahui dengan menggunakan alat ukur avo meter di set ke mode dioda. Kalau antar kaki nya diukur menunjukkan nilai yang hampir nol, dapat dipastikan mosfet tersebut sudah rusak dan harus diganti.

Pengukuran mosfet dengan avo meter

Dalam penggantian mosfet yang rusak tadi, sering kali teman teman menghadapi masalah kalau tipe mosfet seperti itu tidak ada di pasaran. Tenang kalian masih bisa menggantinya dengan tipe mosfet lain yang sejenis namun dengan ampere dan tegangan yang lebih besar, itu tidak apa apa.

Setelah penggantian Mosfet yang rusak tadi, power supply dipasang, lalu tv samsung curve yang tadinya tidak bisa menyala pun sekarang sudah bisa menyala dengan normal kembali.

Artinya mosfet yang short tadi menyebabkan keseluruhan sistem tidak dapat bekerja. karena mungkin tegangan yang terganggu tersebut menyebabkan rangkaian power supply secara keseluruhan terproteksi.

Kalian bisa melihat video lengkap dari apa yang saya lakukan berikut ini.

 671 total views

Memperbaiki TV Curve Samsung

2 gagasan untuk “Memperbaiki TV Curve Samsung

  • 31 Januari 2020 pukul 01.51
    Permalink

    Mas TV saya SAMSUNG UA43K5002AK mati total dan banyak yg gosong.
    Piye ya…

    Balas

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.