Rangkaian Pembaca RFID Atmega32

Back to Blog

Rangkaian Pembaca RFID Atmega32

Untuk rangkaian pembaca rfid yang biasa nya dibuat untuk mengetahui kode tag pada kartu rfid sudah pernah saya buat sebelumnya namun pada media video. Kamu bisa saksikan update iseng iseng saya di channel youtube saya disini. Disana saya sudah melakukan beberapa project tentang RFID yang bisa kamu tiru atau gunakan sebagai ide mengembangkan project baru lainnya.

Nah, beberapa bulan lalu saya mulai men-stok IC Atmega32 di toko duwiarsana.com. Wow sekarang saya mainan atmega32 yang 40 pin. semakin banyak pin semakin banyak juga input output yang dipasang. nah untuk kamu yang baru mengenal mikrokontroller ini seperti saya, jangan khawatir, mikrokontroller ini hampir sama dengan mikrokontroller jenis avr lainnya hanya saja ini memiliki memory flash sebesar 32kb dan kaki nya sebanyak 40 pin. dalam tutorial artikel ini saya akan menunjukkan bagaimana kita dapat menghubungkan sebuah reader RFID, dan LCD untuk dapat membaca nilai tag kartu rfid dan ekaligus menampilkannya di LCD secara langsung.

Pertama tama peralatan yang harus kamu siapkan adalah :




Sebelum kita mulai merangkai, kamu perlu tau datasheet dari IC tersebut. Gunanya adalah agar kita tidak salah dalam merangkai perkabelan pada ic misalnya pemberian tegangan pada rangkaian tersebut.

Langkah yang paling awal dalam merangkai dalam video saya dibawah ini adalah dengan menyusun dan memberi tegangan terlebih dahulu. Lalu mengujinya dengan sebuah led dan programmer USB asp dipasangkan pada jalur ISP kemudian saya program.

Bagi kamu yang sangat terbiasa dengan interface pemrograman IDE lebih bagus lagi karena pada tutorial video saya ini saya menggunakan software arduino IDE.

Baca juga  Power Meter Online Berbasis Twitter

ARDUINO BISA ATMEGA32?

Pada software standarnya, arduino ide tidak mencantumkan board atmega32 didalamnya sehingga untuk project kali ini kamu harus mencari referensi bagaimana cara menambahkan board tersebut pada arduino IDE kamu. Sebagai patokan, yang nantinya akan kita tambah adalah file board.txt pada software arduino sehingga akan muncul board baru pada software arduino ide.

Dengan sebuah USBASP tanpa bootloader pun atmega32 dapat berjalan mulus membaca kartu rfid dan menampilkannya pada lcd seperti pada video dibawah ini.

Share this post

Comments (2)

  • egifebrian Reply

    Gan mau tanya, kalo cara menghubungkan dari VB.Net ke RFID Reader gmna ? kedua, gmn cara masukin data ke RFID Tagnya ?
    Thank’s

    22 Mei 2014 at 20.56
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      komunikasinya saja yang diperhatikan mas, yaitu komunikasi serial saja jadi komponen yang dipakai hanya serialport

      26 Mei 2014 at 01.33

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog