Berita Terbaru

Rangkaian Power Supply Tanpa Trafo

Setiap project elektronika yang kita buat tentunya memerlukan sebuah power supply untuk dapat menyalakan rangkaian tersebut. Seperti misalnya yang paling sering saya pakai adalah adaptor dengan tegangan 12v. tidak jarang juga saya langsung membuat rangkaian power supply pada satu papan menyatu dengan rangkaian inti yang dibuat. Hal tersebut bertujuan untuk menghemat tempat dan PCB.

Untuk rangkaian yang sangat sederhana dan juga kecil, dengan menyalakan nya menggunakan sebuah adaptor ataupun power supply dengan ampere paling kecil sekalipun tentunya akan menghabiskan banyak tempat, apalagi kalau sampai rangakaian power supply nya malah lebih besar daripada rangkaian ini yang kita buat.

Saat saya masih smk dan waktu itu saya sedang membuat sebuah tugas akhir dengan membuat alat yang sederhana, tentunya saya melihat rangkaian power supply saya malah lebih besar dari rangkaian elektronik yang saya buat pada saat itu. Tugas akhir saya saat itu adalah saklar wireless, sebuah saklar yang dapat dikendalikan dengan menggunakan remote tv. Tentunya kalau rangakaian tersebut diterapkan pada rumah tangga dengan menggunakan sebuah adaptor atau power supply akan sangat merepotkan bagi penggunanya karena mengharuskan mereka untuk menyiapkan sebuah sumber listrik untuk menyalakan adaptor.

Adapun solusi dari masalah tersebut adalah dengan membuat sebuah rangakain power supply tanpa menggunakan trafo, ya tanpa trafo sebagai penurun tegangan nya, melainkan menggunakan komponen lain seperti resistor ataupun capacitor dengan tegangan tinggi. Rangkaian ini tidak saya ciptakan sendiri, melainkan hasil pencarian di internet yang dapat membuat kita hemat dalam pengeluaran uang untuk pembelian trafo dan juga menghemat ruang karena bentuk alat yang akan kita buat menjadi lebih kecil lagi.

Baca juga  Membuat CountDown Timer

Dibawah ini adalah salah satu contoh rangkaian power supply tanpa trafo dan pernah saya coba pada salah satu percobaan saya di video dibawah.

Untuk menghitung nilai komponen yang dipakai agar menghasilkan arus yang sesuai kamu bisa menghitung nya langsung dengan bantuan calculator yang sudah tersedia pada website teman kita di luar negeri ini. silahkan cek selengkapnya disini. dan untuk contoh penggunaan nya bisa dilihat pada video saya dibawah ini.

 

Ingat saat menyalakan rangkaian ini kamu tidak bisa menyentuh semua bagian dari alat yang kamu buat karena itu sudah terhubung langsung ke jala jala PLN 220v.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Sistem Keamanan Berbasis Arduino
views 6638
Sistem keamanan berbasis arduino. Saya katakan berbasis arduino karena disini saya benar benar menggunakan sebuah board arduino dalam rangkaian atau p...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube.
Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Membuat Power Supply Variable

Membuat power supply variable saat ini bukan karena saya ingin membuat tutorial, tapi kebetulan karena …

3 komentar

  1. bli klo rangkaian tanpa trafonya 9v stabil 10A gmna tuh rangkaiannya ? mohon pencerahannya bli..

  2. Om itu komponen resistor nilainya brapa ?

Tinggalkan Balasan