Tv ini yang punya adalah hotel nirmala di jimbaran. Sebenarnya baru aja tadi paginya ngembaliin tv Sharp yang uda selesai di service, eh sorenya lagi dikasi service an tv led LG yang keluhannya di catatan adalah mati total.

Hampir semua video logger saya di youtube yang menangani service tv merk LG keluhan dari konsumen selalu mati total 😀 ada sedikit juga tambahan seperti ga ada gambar tapi suara ada. dan sebagainya.

Nah kalau sekarang ini pas saya nyalain pertama kali eh ternyata idup kok. Indikator led nya nyala kedip kedip merah, tapi layar ga mau tampil, suara juga ga ada sama sekali.

Pas bongkar trus cek tegangan. Yang harus kamu lakukan adalah melepas dulu mesin tv nya dari power supply biar bisa cek tanpa beban tegangan out nya. Yang kamu bisa cek tegangan nya adalah tegangan standby yaitu 3.5v. kamu bisa cek dengan volt meter biasa. Biasanya terjadi drop tegangan hingga 3.4v, ini wajar asal jangan tegangan nya drop hingga dibawah 3.3v.

Nah kalau tegangan stabil, kamu bisa langsung coba nyalakan dan ukur tegangan standby saat power supply terpasang dengan mesin tv nya. disini kamu akan lihat hasilnya apakah mesin tv ini bermasalah atau tidak.

Saat saya mengukur tegangan dengan kondisi mesin terpasang, tegangan menjadi drop 3.3v. dan hal ini sangat tidak wajar dimana saya pernah mengukur tegangan standby saat dipasang mesin adalah paling rendah 3.4v.

Langsung aja deh saya curiga dengan mesin tv ini. kalau ada yang ga beres sama mesin tv ni.

Sebelum melepas atau mengganti komponen biasanya kita harus cek lagi regulator yang ada pada mesin tv ini. biasanya ada regulator tegangan 1.8v dan cek juga komponen aktif lainnya untuk menyakinkan tidak ada komponen rusak penyebab tegangan drop tersebut.

Baca juga  Membuat Pemanas Induksi Sederhana

Karena tegangan standby mengarah ke ic utama dari mesin LG ini saya ga pikir panjang. langsung ic utama tersebut saya ganti dengan yang baru.

IC saya cabut dengan cara di blower dan ditambahkan sedikit flux pada saat proses pencabutan. Penambahan flux ini bertujuan untuk mempermudah terlepasnya kaki ic pada pcb karena timah lebih mudah cair dengan adanya flux.

[ads1]

Setelah mengganti ic dengan yang baru, begitu saya nyalakan tv lansgung bisa menyala dengan normal tanpa adanya cacat sedikitpun.

Akhirnya besoknya tv uda bisa dikirim kembali ke hotel nirmala 🙂

tips dan trik dalam service kali ini adalah, kalian harus bisa skill solder minimal solder biasa yang rapi karena walaupun nanti lepas dan pasang menggunakan solder uap, tapi kita tetap harus finising dengan menggunakan solder biasa untuk membersihkan sisa timah yang berlebihan.

Kalau kalian suka dengan video atau artikel ini boleh kok klik like 🙂 atau bagikan ke teman teman kalian.

[fblike]

TV LED LG Indikator Kedip

2 gagasan untuk “TV LED LG Indikator Kedip

  • 30 Desember 2019 pukul 00.00
    Permalink

    Kalo LED kedip satu kali trus mati, jika hanya di ganti T con apakah bisa nyala normal ? Teg stby terukur 3,3 v

    Balas

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.