Memperbaiki TV LED Gambar Double

Back to Blog

Memperbaiki TV LED Gambar Double

Sebuah tv led atau lcd banyak sekali sekarang yang mendapatkan kasus rusak dengan tampilan layarnya double atau berbayang.

kerusakan tv jenis ini sering tidak disadari oleh yang punya tv, karena beberapa kasus akan mengakibatkan layar nampak berwarna ungu atau hijau dominan. Kalau pada tv layar tabung, dominan warna ini wajar ditemukan pada tv yang sudah berusia tua. Di tv tabung, penyebab berubahnya warna seperti itu disebabkan oleh retaknya jalur pcb pada rangkaian RGB menuju leher tabung kaca.

Nah kalau pada tv led atau lcd ini kasus nya beda lagi.

Seperti beberapa minggu lalu saya kedatangan sebuah service an tv dengan merk toshiba. Tv tersebut dikeluhkan gambar nya berbayang ditambah dengan warnanya yang berubah menjadi ungu. Perubahan warna ini wajar saja karena gambar yang bergeser atau berbayang tersebut menciptakan pola warna baru antara dua gambar yang dominan menjadi ungu.

Kalau kalian menemukan kasus kerusakan layar tv dengan tampilan layar double, berbayang atau berubah menjadi ungu, kalian masuk ke tempat yang sangat tepat. :D karena saya di akhir video ini sudah sukses memperbaiki kerusakan seperti itu.

Nah sebelum masuk ke langkah langkah perbaikan, perlu kalian ketahui kasus seperti itu kerusakan nya ada pada layar lcd nya, bukan pada rangkaian lain. Kalau kita bawa tv ini ke sebuah service center maka kita akan disarankan untuk mengganti layar lcd dengan harga berkisar 1.5 juta sampai 2.5 juta. lumayan juga ya, apa lagi kalau itu adalah sebuah tv baru :(

Nah tv yang akan saya perbaiki ini datang jauh dari daerah klungkung menuju denpasar di bengkel saya. pertama saya hidupin itu uda keliatan kalau gambarnya double alias berbayang, karena osd penunjuk channel gambarnya menjadi dua.

Langsung aja deh saya buka tv nya dan fokus pada rangkaian paling dekat dengan layar lcd.

Ada sebuah flexyble yang menghubungkan antara papan pcb dan layar lcd. dalam kasus ini hanya ada satu saja flexyble yang besar. coba kamu perhatikan jalur disana.

Jika kamu perhatikan dengan teliti maka akan ada dua buah jalur yang sama persis memiliki pasangan antara kanan dan kiri dari flexyble tersebut. Antara kedua nya itu kamu bisa pilih salah satu untuk dipotong.

Ya kita akan memperbaikinya dengan cara memotong salah satu jalur yang kanan atau yang kiri. Kenapa di potong? nanti akan saya bahas di artikel berikutnya.

[ads1]

Nah setelah dipotong coba nyalakan kembali tv nya. dan jreng gambar menjadi normal kembali.

Tv pun sudah bisa saya kembalikan ke pemilik nya.

Share this post

Comment (1)

  • Baresta bali Reply

    Trima kasih atas seringannya… mntap totorialnya

    12 Oktober 2016 at 12.23

Komentar anda

Back to Blog