Berita Terbaru

USB OVER CURRENT, Cara Memperbaikinya

Kalau temen temen masuk ke blog ini karena mencari solusi dari kerusakan sesuai judul. Yaitu “USB OVER CURRENT, Cara Memperbaikinya” itu artinya merk TV yang rusak tersebut sudah pasti TOSHIBA.

Bener ga?

Selama saya memperbaiki TV, kerusakan USB OVER CURRENT hanya saya temukan di TV LED dengan merk TOSHIBA saja.

Sebelum kita masuk ke pembahasan bagaimana cara memperbaiki kerusakan tersebut. Mungkin kita harus mengetahui apa penyebab OVER CURRENT atau kelebihan arus tersebut.

Follow juga akun sosial media saya :

Penyebab Kerusakan USB

Kalau kita terjemahkan “USB over current” artinya adalah konektor usb pada TV kita mengalami kelebihan arus listrik atau perangkat usb yang kita pasang mungkin memerlukan energi listrik yang besar.

tulisan usb over current
Tulisan USB OVER CURRENT

Jika yang kita pasang adalah flashdisk biasa, mungkin notifikasi seperti ini tidak akan muncul. Tapi bagaimana kalau yang kita hubungkan adalah sebuah hardisk portable? Sudah pasti akan muncul tulisan USB over current.

Bagaimana ini bisa terjadi?

Didalam sebuah hardisk, selain terdapat komponen elektronika seperti yang juga ada di dalam flashdisk. Disana juga terdapat motor atau dinamo yang tentunya memerlukan energi listrik lebih besar untuk bisa memutar dinamo tersebut. Sehingga jika arus listrik pada TV kita tidak kuat, maka tulisan peringatan itu otomatis akan muncul.

Yang pasti muncul nya tulisan itu pada TV kita, disebabkan karena adanya arus berlebih. Atau bisa jadi karena adanya konsleting pada perangkat USB yang kita pasang.

Memperbaiki USB Over Current

Jika peringatan tersebut terjadi karena kita memasang sebuah perangkat USB, yang memerlukan arus besar pada TV kita. Kita hanya perlu mencabut parangkat usb bermasalah tersebut lalu menyalakan ulang perangkat TV kita.

Baca juga  Memperbaiki TV Layar Putih Kena Air

Cara tersebut akan membantu untuk menghilangkan tulisan notifikasi pada layar TV.

Tapi bagaimana kalau seandainya konektor USB tidak kita pasangkan perangkat apapun, tapi tetap saja muncul tulisan USB over current?

Nah ini bisa jadi karena ada komponen pendeteksi arus pada mianboard, atau mesin TV tersebut mengalami kerusakan. Sehingga tidak mampu untuk mendeteksi arus dengan benar.

Hal ini biasanya terjadi karena sebelumnya pernah terjadi konsleting pada konektor USB tersebut.

konektor usb
Konektor USB

Cobalah untuk mengukur tegangan keluar dari konekor usb tersebut, dan pastikan bahwa tegangan 5V nya masih ada dan stabil.

Jika tidak ada tegangan 5V yang keluar, ini bisa menjadi penyebab munculnya tulisan usb over current karena error. Cobalah untuk mengganti sebuah IC kecil yang terletak di dekat konektor USB. Kemungkinan saja IC tersebut sudah rusak, sehingga tegangan tidak bisa lewat, dan juga mendeteksi beban berlebih karena malfungsi dari IC tersebut.

Setelah mengganti IC USB tersebut kita bisa cek ulang tegangan yang keluar dari konektor USB. Dapat dipastikan sekarang USB sudah mengeluarkan tegangan 5V, dan pasti sudah bisa digunakan kembali

ic usb yang harus diganti
IC USB Yang Harus Diganti

Untuk kalian yang masih bingung, saya sudah menyertakan video vlog nya untuk mempermudah dalam memahami apa yang sudah saya lakukan.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Memperbaiki TV Layar Putih Kena Air

Hari ini saya kedatangan sebuah TV LED yang dibilang lumayan besar yaitu 43″. Yang bawa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.