Berita Terbaru
Beranda » Service » Memperbaiki TV LED Tidak Mau Menyala

Memperbaiki TV LED Tidak Mau Menyala

Pada artikel ini saya akan membahas tentang sebuah kerusakan TV LED yang memiliki masalah tidak mau menyala.

Tapi kata yang punya TV, kerusakan TV LED yang dimilikinya tersebut adalah susah menyala. Kalau dibiarkan beberapa jam nanti TV nya bakal menyala sendiri katanya.

Tapi saya sendiri coba untuk membiarkan TV tersebut terhubung ke listrik, ga menyala nyala TV nya 😀

Biasanya kalau TV susah menyala, itu ada kerusakan pada rangkaian regulator nya yaitu kapasitor yang mungkin kembung atau rusak.

Kapasitor yang kembung ini menyebabkan tegangan tidak stabil yang pastinya menyebabkan rangkaian digital pada TV menjadi lebih susah untuk menyala. Sehingga menunggu waktu yang cukup lama agar tegangan nya menjadi stabil barulah TV tersebut bisa menyala kembali.

Setelah saya ukur dan lihat, ternyata tidak ada sama sekali elco yang kembung atau terlihat rusak. Tegangan nya pun terukur stabil semua nya.

Karena tegangan terukur normal dan juga tidak adanya komponen yang rusak apalagi short circuit. saya berkesimpulan bahwa yang rusak ini ada pada bagian firmware nya atau software nya.

Maka saya mencopot mesin TV tersebut untuk selanjutnya saya lakukan flash ulang firmware nya.

Sebelum kita mulai untuk melakukan flashing firmware, kita harus mengetahui dulu bagian mana yang akan di flash dan bagaimana caranya.

Bagian yang akan kita flash adalah sebuah IC memory dengan ukuran yang kecil berkaki 8. Biasanya di body nya tertulis windbond dengan seri angka 25 di depan nya.

Contoh bentuk IC memory

Lalu alat yang kita gunakan untuk memflash memory itu disebut dengan usb programmer. Dan untuk menggunakan nya pun kalian tinggal menjepit nya saja ke IC memory lalu flash firmware baru yang kalian download di google semudah kalian mengklik tombol pada jendela software programmer nya.

Baca juga  Memperbaiki TV LCD Rusak Pudar
Penjepit IC memory

Saat uploading firmware yang baru pastikan tidak terjadi error. Jika error bisa saja karena koneksi kabel yang tidak bagus, atau tipe memory yang kalian pilih tidak sesuai dengan firmware yang kalian masukkan.

Kalau berhasil maka TV yang awalnya susah menyala pun akan menjadi normal kembali hanya dengan kita flash saja firmware atau software nya ke firmware yang sehat.

Kalau kalian ingin membeli alat flash ini bisa order melalui whatsapp di 085739786669.

Kalau masih kurang jelas kalian bisa cek video VLOG saya tentang perbaikan TV tersebut disini.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Memperbaiki Speaker Bluetooth Mati Total

Jaman sekarang sudah jaman nya speaker aktif bluetooth. Udah ga jaman lagi speaker dengan aplifier …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.