Berita Terbaru
Beranda » Service » Memperbaiki TV Coocaa Mati Total

Memperbaiki TV Coocaa Mati Total

TV dengan merk Coocaa sekarang sudah banyak sekali bertebaran.

TV dengan merk ini menjadi lebih populer karena harganya yang dibilang sangat murah jika dilihat dari spesifikasinya dengan merk lain.

Pernah saya lihat SMART Android TV dengan merk COOCaa dengan ukuran 50 inchi itu dijual dengan harga 2 juta an. Padahal resolusi yang ditawarkan sudah 4K.

Lalu banyak yang bertanya tanya, apakah harga murah ini membuat kualitasnya menjadi buruk?

Ternyata dari beberapa TV COOCAA yang saya lihat, kualitasnya sudah merupakan standar mata kita saat ini. tidak seburuk merk lain yang lebih awal muncul kalau menurut saya.

Di awal kemunculan nya memang tidak terlihat adanya merk coocaa yang mengalami masalah. Tentu ini karena masih sedikit pengguna TV coocaa.

Seperti contoh nya, TV dengan merk LG sering dikeluhkan di channel youtube saya. Karena selalu merk LG saja yang terlihat sering rusak.

Tanpa disadari sebenarnya jika TV merk LG lebih sering terlihat rusak, itu pertanda bahwa pengguna TV merk LG lebih banyak dari merk lainnya.

Saya sendiri lebih suka menggunakan merk LG daripada merk lain karena design mainboard nya yang lebih mantap. Dan sampai sekarang belum pernah saya mengalami kerusakan dengan TV merk LG saya dirumah 😀

Kembali ke masalah TV COOCAA. Kebetulan saja bulan bulan ini sering ada TV Coocaa yang bermasalah, dan rusaknya lebih dominan mati total. Lalu apakah saya boleh berkesimpulan bahwa merk coocaa ini ternyata buruk?

Kalau saya teliti lagi, kerusakan yang sering terjadi pada TV Coocaa bukan merupakan kerusakan yang sangat fatal sehingga membuat TV tersebut sulit untuk diperbaiki.

Baca juga  TV LED LG Indikator Kedip

Saking takutnya orang orang terhadap TV LCD atau LED merk apapun itu, sampai sampai ada statement “Kalau TV LCD LED sudah rusak, tinggal buang saja. Ga bisa diperbaiki”

Parah nya, kalimat tersebut kebanyakan didapat oleh customer dari bengkel tempat dia membawa TV LCD nya.

Saya pun tidak menolak, kalau memang semakin hari perbaikan komponen dari perangkat elektronika semakin susah. Karena komponen yang digunakan semakin tidak kita ketahui kalau kita tidak memiliki gambar rangkaian nya. Seperti IC yang tidak ada kode nya. Atau walaupun kode nya ada, kita tidak bisa menemukan penjual nya dimanapun.

Ini pun terjadi pada TV Coocaa yang saya perbaiki. TV ini mengalami kerusakan yaitu mati total. Teman saya bilang kalau TV nya meledak lalu mati total semua listrik dirumah nya.

Setelah dibuka ternyata benar saja, ada beberapa bagian komponen yang terbakar dan kelihatan hangus terbakar.

Komponen tersebut salah satunya adalah sebuah IC yang sangat kecil berada di bagian primer dari rangkaian power supply TV coocaa tersebut.

Kadang kesel juga kalau nemu model power supply yang komponen nya ga kelihatan seperti ini. Apakah TV ini langsung kita buang aja? Pastinya engga. Kalian sebenernya harus bersyukur sama merk coocaa ini. Karena TV dengan merk coocaa ini untungnya mirip seperti TV rakitan china. Karena tegangan yang diperlukan dari power supply hanyalah 12V dan juga tegangan driver backlight 24V saja.

Langsung aja saya cari tulisan 12V dan GND di mainboard dan saya suntik tegangan pakai adaptor disana. TV pun menyala walau tanpa gambar, karena tegangan backlight belum saya kasi.

Karena tau menyala, akhirnya rangkaian power supply yang meledak tadi saya abaikan, lalu saya suntiklah tegangan 24V serta menambah rangkaian regulator penurun tegangan agar ada tegangan 12V juga dari 1 sumber adaptor.

Baca juga  Membuat arduino Sendiri

Setelah selesai di modifikasi akhirnya TV pun sudah bisa normal kembali.

Apakah ada cara lain?

Ada.

Kalian bisa mengganti rangkaian yang meledak tadi dengan rangkaian gacun yaitu rangkaian persamaan untuk bisa menyalakan power supply yang rusak tadi.

Cerita saya sudah saya videokan di youtube berikut ini.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Memperbaiki Speaker Bluetooth Mati Total

Jaman sekarang sudah jaman nya speaker aktif bluetooth. Udah ga jaman lagi speaker dengan aplifier …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.