Berita Terbaru
Beranda » Cerita Saya » Maestro Ogoh Ogoh, Kedux dan Marmar

Maestro Ogoh Ogoh, Kedux dan Marmar

Hari itu Senin tanggal 24 Februari Tahun 2020, di gedung Dharmanegara Alaya Lumintang. Saya bersama dodok menghadiri meeting kecil untuk persiapan seminar ogoh ogoh yang akan diadakan tanggal 7 Maret mendatang.

Disana saya bertemu dengan dua orang maestro ogoh ogoh Bali yang sangat dikagumi, yaitu bli kedux dan juga bli marmar.

Bli kedux sering saya pantau karya nya karena memang pekerjaan kedux yang membuat custom motor saya sangat sukai. Bli marmar datang setelah bli kedux. Akhirnya walau biasanya saya hanya bisa melihat karya ogoh ogohnya saja, sekarang saya bisa bertemu bahkan mengobrol untuk mengisi seminar bersama.

Yang akan dibahas dalam seminar nanti dari apa yang kami rapat kan waktu itu mengenai hal yang sedang trending belakangan ini. Yaitu penerapan teknologi pada ogoh ogoh.

Ogoh ogoh yang ada di Bali, belakangan ini selalu dikombinasikan dengan perangkat elektronik yang bisa membuat ogoh ogoh tersebut bergerak.

Sayapun di bengkel sering menerima orderan yang ada kaitan nya dengan ogoh ogoh. Seperti misalnya kontroler untuk menggerakkan atau menyalakan peralatan ogoh ogoh dari jarak jauh dengan menggunakan HP. Saklar digital dengan sidik jari untuk menyalakan ogoh ogoh nya. dan masih banyak lagi.

Tapi saat mengobrol dengan bli marmar, dikatakan bahwa saat kita membuat ogoh ogoh dengan tambahan tambahan tertentu. Seharusnya kita juga harus melihat fungsi dan kegunaan nya pada ogoh ogoh. Seperti halnya menggerakkan ogoh ogoh dengan menggunakan kontrol jarak jauh. “apakah kita akan menggerakkan ogoh ogoh dari luar Bali?, kalau bisa di nyalakan dengan saklar kenapa harus dari jauh? kan juga agar dia bergerak”

Saya pun juga berpikir dari beberapa tahun belakangan, banyak yang membuat peralatan canggih. Menalakan ini menyalakan itu dengan hp. Menggerakkan ogoh ogoh dengan HP. Ogoh ogoh bergerak berdasarkan suara. Tapi setelah Momen ogoh ogoh selesai, karya tersebut juga ikut selesai tanpa ada kelanjutan. Maksudnya, sebenarnya karya yang sudah dibuat tersebut sebenarnya bisa dijadikan sebuah produk, kenapa tidak diteruskan dan diambil nilai ekonomis nya?

Baca juga  Membuat Power Supply Variable

Saya rasa bakalan seru seminar tanggal 7 maret nanti.

Sasya akan update setelah nanti tanggal 7 maret ya, nantikan updatenya.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Memperbaiki Speaker Bluetooth Mati Total

Jaman sekarang sudah jaman nya speaker aktif bluetooth. Udah ga jaman lagi speaker dengan aplifier …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.