Berita Terbaru
Beranda » Service » Memperbaiki Speaker Bluetooth Mati Total

Memperbaiki Speaker Bluetooth Mati Total

Jaman sekarang sudah jaman nya speaker aktif bluetooth.

Udah ga jaman lagi speaker dengan aplifier besar besar dan box speaker yang menuh menuhin kamar.

Speaker bluetooth menjadi lebih populer karena penggunaan nya yang sangat sederhana dan juga ringkas portable.

Harganya yang dibilang cukup murah dengan kemampuan nya yang bisa meplay audio dari berbagai sumber, seperti memory card, flashdisk, hingga koneksi bluetooth membuat speakaer bluetooth ini banyak diminati. Apalagi sudah include dengan battery yang bisa diisi ulang, membuat speaker bluetooth ini dapat menyala walaupun tidak dihubungkan ke listrik.

Sering saya mendapatkan kasus bahwa banyak speaker bluetooth memiliki keluhan rusak mati total. Walau banyak nya keluhan tentang speaker bluetooth yang mati total, bukan berarti semua speaker bluetooth itu jelek.

Speaker bluetooth yang saya dapati rusak kali ini ukuran nya cukup besar untuk dikatakan portable. Speaker ini bisa di charge dan juga bisa menyala dengan menggunakan listrik langsung.

Speaker ini mati total walaupun dihubungkan ke listrik PLN.

Saat di bongkar ternyata main board atau PCB utama dari speaker bluetooth ini hanya satu saja. Jadi amplifier, modul pemutar lagu dan lainnya menjadi satu dalam satu papan PCB.

setelah dilakukan pengukuran, ternyata battery pada speaker bluetooth ini masih penuh. Ini tandanya rangkaian charger atau pengisian batre pada speaker bluetooth ini masih berfungsi.

Lalu saya lakukan pengukuran rangkaian regulator, ternyata terjadi konsleting atau hubung singkat.

Dicek lebih teliti lagi ternyata terjadi short sirkuit pada sebuah kapasitor SMD. Saya mengetahui ini saat melakukan pengukuran dengan AVO meter dan pada lcd menampilkan angka 0 (nol).

Setelah mencopot kapasitor yang konslet tersebut lalu menggantinya dengan yang baru. Speaker bluetooth pun bisa dinyalakan normal kembali dengan menekan tombol power saja.

Baca juga  Memperbaiki Layar Monitor Blank Putih

Jadi kesimpulan nya adalah kapasitor yang short tadi menyebabkan rangkaian speaker bluetooth ini tidak bisa bekerja. Tentunya karena short tadi menyebabkan tegangan yang menyuplai IC bluetooth menjadi tidak ada sama sekali. setelah diganti dan tidak short lagi, rangkaian pun bisa menyala normal kembali.

Mungkin sekian dulu pengalaman saya memperbaiki speaker bluetooth ini. semoga bermanfaat untuk teman teman semuanya ya.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Maestro Ogoh Ogoh, Kedux dan Marmar

Hari itu Senin tanggal 24 Februari Tahun 2020, di gedung Dharmanegara Alaya Lumintang. Saya bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.