Berita Terbaru

Belajar Program LED Berkedip Arduino

Ini adalah tutorial dan belajar arduino pertama kita dengan menggunakan kit belajar arduino untuk pemula, atau yang bisa disebut juga beginner kit for arduino.

LED Berkedip

Didalam project pertama kita kali ini, kita tidak hanya akan membuat LED berkedip saja dengan menggunakan arduino, tapi juga akan mempelajari coding atau program yang ditulis pada software arduino untuk di upload ke IC mikrokontroler.

Komponen Yang Diperlukan

  1. DFRDuino Uno atau Arduino Uno x 1
  2. ProtoShield x 2
  3. Jumper wire male to male x 2
  4. Resistor 220 Ohm x 1
  5. LED 5mm x 1

Kamu mungkin saja menggunakan nilai resistor yang berbeda untuk warna LED yang berbeda, karena perbedaan dari warna LED yang digunakan juga mempengaruhi arus yang diperlukan oleh LED tersebut. Sehingga pemilihan resistor sebagai pembatas arus perlu diperhatikan disini.

Rangkaian

Untuk dapat mulai merangkai rangkaian yang akan kita gunakan, kalian perlu memasangkan protoshield pada bagian atas DFRDuino atau arduino.

Header male yang keluar ada bagian bawah dari protoshield akan saling sesuai dengan female header yang berada pada PCB arduino uno Sehingga kamu tidak mungkin salah untuk memasangkan protoshield pada arduino.

Jika kamu ingin breadboard yang ada pada protoshield menempel dengan baik, kamu bisa mengupas bagian perekat yang ada pada breadboard lalu menempelkan breadboard pada protoshield.

Kabel yang akan kalian gunakan dalam project ini adalah bebas, namun mengelompokkan warna berdasarkan fungsinya membuat kalian tidak akan bingung pada saat melakukan pembacaan rangkaian dan pencarian masalah yang terjadi pada rangkaian.

Biasanya kabel merah umum digunakan sebagai supply positif dari sebuah rangkaian dan kabel dengan warna hitam digunakan sebagai ground atau supply negatif pada rangkaian.

Cobalah untuk merangkai sesuai dengan gambar rangkaian berikut ini.

Baca juga  Baca Twitter Pakai Panjerino Net Ngenet

Program Arduino

Buka software arduino IDE lalu tuliskan program berikut pada jendela program arduino.

Saat kamu sudah selesai untuk menuliskannya, cobalah untuk menekan tombol verify pada program arduino untuk memastikan program yang kamu tulis sudah benar.

Jika tidak terjadi error pada saat verify, maka kamu bisa langsung mencoba untuk menekan tombol upload untuk memasukkan program yang telah dibuat kedalam arduino.

Jika sudah sukses maka LED yang terpasang pada protoshield akan berkedip dengan jeda waktu 1 detik.

Kalian bisa memodifikasi program ini dengan mengubah nilai jeda waktu nya ataupun menambahkan beberapa LED untuk dinyalakan secara bergiliran agar terlihat seperti effect LED berjalan.

Untuk lebih lengkap nya kalian bisa menyaksikan video tutorial yang sudah saya buatkan pada channel youtube saya dengan menekan tombol play atau langsung menekan video dibawah ini.

Tutorial Lainnya Menggunakan Kit Belajar Arduino :

  1. LED Berkedip.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Timbangan Digital
views 4124
Timbangan mungkin sepintas bagi beberapa orang akan dianggap sepele karena hanya digunakan sebagai alat untuk mengukur berat suatu benda. Sebenarnya t...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube.
Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Project IoT ESP8266 ESP12E

Project yang ada di artikel ini sepenuh nya dicetak pada https://pcbway.com Nah kalau ngomongin project …

Tinggalkan Balasan