Berita Terbaru

TV LED Panasonic Mati Total

Beberapa hari lalu saya mendapatkan telepon dari villa sodara saya kalau ada TV yang rusak tidak menyala sama sekali.

Kalau waktu itu bilang nya TV Panasonic rusak mati total tanpa ada tanda tanda menyala sama sekali, tidak juga ada lampu indikator yang menyala.

Akhir nya karena ada TV lain yang memang mau saya ambil sebelum nya, akhirnya saya kesana berangkat pakai mobil pickup.

Waktu itu berangkat nya bareng diah dan karena macet daerah jimbaran akhirnya sampai di lokasi sore banget.

Pas tv sudah sampai di rumah, langsung saya bongkar.

Oya, sebelumnya engineering disana memberi info bahwa fuse pada modul power supply tidak putus. Dan setelah saya cek ternyata memang tidak putus, namun setelah mosfet saya bongkar ternyata pecah.

Aneh sekali :D fuse normal tapi mosfet sampai pecah.

dan biasanya, kalau sudah sampai pecah begini, pastilah komponen yang men drive mosfet ini juga rusak, yaitu ic pwm nya.

Setelah di cek lagi ternyata dioda penyearah menuju rangkaian driver backlight rusak short, sehingga melewatkan langsung arus AC ke bagian backlight driver. Mungkin saja ini penyebab utama nya sehingga mosfet sebelum trafo switching jebol.

Karena diperlukan cepat dan tidak ada komponen pengganti akhirnya rangkaian power supply saya ganti dengan menggunakan adaptor biasa 12v 2A yang tentunya pemilihan adaptor ini sudah saya lakukan investigasi terlebih dahulu. Penjelasan nya ada pada video yang sudah saya buat.

IC sekecil itu dan jenis itu di daerah saya memang sangat langka, bahkan mungkin tidak pernah ada toko komponen disini yang sengaja stok komponen seperti itu.

Akhirnya setelah diganti dengan adaptor, TV pun dapat menyala dengan normal dan backlight juga menyala normal setelah dioda yang rusak itu saya lepaskan.

Baca juga  Memperbaiki Charger Laptop

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Membuat Effect Asap Panggung
views 29309
Effect asap sering kali kita temukan di setiap pertunjukkan panggung, baik itu pergelaran musik hingga drama. Biasanya dalam dunia film di tv juga tid...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube.
Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Belajar Program LED Berkedip Arduino

Ini adalah tutorial dan belajar arduino pertama kita dengan menggunakan kit belajar arduino untuk pemula, …

Tinggalkan Balasan