Berita Terbaru

Membuat GPS Tracker Arduino

Dalam artikel ini adalah kelanjutan dari video yang pernah saya upload tentang GPS tracker mini.

GPS Tracker atau yang bisa kita sebut dengan alat pelacak lokasi ini akan kita buat dengan komponen yang mudah didapat dan memang lumrah dijual dipasaran. Tidak seperti alat gps tracker mini yang video nya kalian bisa cek disini :

GPS TRACKER MINI

 

Alat yang kita buat tidak akan memerlukan skill solder yang terlalu hebat karna disini kegiatan menyolder hanya diperlukan untuk header pada setiap modul saja. Alat yang akan kita buat disini akan berfungsi untuk mengirimkan atau menginformasikan lokasi dimana alat tersebut berada dengan menggunakan perintah sms tertentu.

Alat dan Bahan (klik link)

  1. Arduino Uno
  2. Modul GPS
  3. Modul GSM
  4. Protoshield / Breadboard
  5. Kapasitor 470uF/16V
  6. Dioda
  7. Kabel Jumper

Gambar Rangkaian

Kalau kalian perhatikan gambar rangkaian diatas, saya menggambar nya dengan menggunakan breadboard sedangkan pada video tutorial, saya menggunakan protoshield untuk merangkai rangkaian tersebut.

Semua modul mendapatkan tegangan supply 5v namun pada modul GSM perlu ditambahkan sebuah dioda yang saya fungsikan untuk menurunkan tegangan sebesar 0,7V. Penurunan tegangan dengan menggunakan dioda ini saya lakukan untuk menyesuaikan tegangan kerja yang diperlukan oleh modul GSM yaitu 4,2V. dari 5V (kadang drop) dikurang 0,7V jadi 4.3V kurang lebih. Modul GSM masih bisa mentoleransi tegangan 4,3V.

Jadi dengan sebuah dioda dan kapasitor sebagai filter tegangan kita sudah bisa menghemat biaya untuk sebuah modul regulator switching penurun tegangan.

Untuk jalur komunikasi serial modul GSM saya hubungkan ke pin digital 7 dan digital 8, yang dimana pin ini sudah saya tentukan pada file library GSM nya (cek pada video). Sedangkan untuk modul GPS nya saya hubungkan langsung ke pin hardware serial arduino yaitu pada pin digital 0 dan 1.

Baca juga  Jual Kontroler Jam Sholat Wireless Android

Rangkaian ini bisa kalian nyalakan dengan menggunakan power bank biasa ataupun dengan battery diatas 6V pada konektor DC yang tersedia pada board arduino.

Program Arduino

Sebelum kalian copy coding dibawah ini sebaiknya pada software arduino kalian lengkapi dulu library yang diperlukan dengan mendownload pada link yang sudah disediakan dibawah.

Baca juga  Timbangan Digital

Kalian bisa perhatikan pada baris awal dari program arduino tersebut, ada beberapa file header yang diperlukan yaitu sim900, sms, software serial, tinygps++, dan juga pstring dimana file pendukung atau library tersebut bisa kalian download pada link yang sudah disediakan berikut ini :

  1. Library Modul GSM
  2. Library Modul GPS
  3. Library Pstring

Setelah kalian download file tersebut kalian harus mengcopy semua folder tersebut kedalam folder library yang ada pada software arduino. Setelah semua library di copy kalian bisa lakukan testing dengan membuka masing masing coding example yang dibawa oleh masing masing library. Jika sukses di compile maka silahkan melanjutkan untuk mengcopy coding yang sudah saya sediakan sebelum nya.

Perlu diperhatikan sebelum mengupload coding atau program utama, ada baiknya kalian menguji masing masing modul dengan baik. Seperti pada modul GSM perlu dilakukan pengujian kirim sms, sedangkan untuk modul GPS perlu dilakukan pengujian dengan melihat data serial apakah modul GPS dapat menghasilkan data sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Kalau sudah diupload dan sukses hal pertama yang akan kalian dapat adalah sebuah sms yang berisikan pesan “GPS TRACKER ONLINE” lalu tunggu beberapa saat agar modul GPS menerima data dari sattelite, lalu cobalah untuk mengirimkan pesan “track” yang fungsinya untuk menjalankan perintah mengambil data lokasi lalu mengirimkannya balik ke handphone kita.

Untuk video lengkap nya kalian bisa simak tutorial di youtube saya berikut ini.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Membuat Rangkaian Printer Antrian Sederhana
views 1826
Halo temen temen, hari ini saya akan berbagi kepada temen semua bagaimana cara saya membuat sebuah mesin atau alat yang dapat kita gunakan untuk mence...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Project IoT ESP8266 ESP12E

Project yang ada di artikel ini sepenuh nya dicetak pada https://pcbway.com Nah kalau ngomongin project …

Tinggalkan Balasan